Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indikator: Akseptabilitas Ridwan Kamil Ungguli Tipis Anies, Skor Integritas Imbang

Hasil survei lembaga Indikator menyebutkan tingkat akseptabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul tipis atas Gubernur DKI Jakarta terkait bursa Pilpres 2024.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 21 Agustus 2020  |  10:30 WIB

Bisnis.com, BANDUNG - Hasil survei lembaga Indikator menyebutkan tingkat akseptabilitas Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil unggul tipis atas Gubernur DKI Jakarta terkait bursa Pilpres 2024.

Nama Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo mulai menempati posisi lebih tinggi di antara nama-nama tokoh nasional jika dideretkan dalam pilihan calon presiden pada Pilpres 2024 termasuk Anies Baswedan.

Hal tersebut terlihat dari hasil pengukuran yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator pada Juli lalu. Dalam survei elit tersebut, nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terus-menerus menempati posisi teratas penilaian para responden.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhandin Muhtadi mengatakan survei tersebut melihat sejumlah kriteria yang digunakan dalam menilai kepantasan seseorang dalam memimpin negara.

“Salah satu kriteria yang digunakan adalah karakter personal sang calon, terdiri dari sejumlah dimensi utama yaitu kompetensi, integritas, dan akseptabilitas,” katanya Kamis (21/8/2020) malam.

Di tingkat akseptabilitas, Ridwan Kamil tercatat memperoleh skor lebih tinggi (7.2), disusul oleh Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang keduanya memperoleh nilai 7.1.

“Lagi-lagi selisih di antara mereka sangat kecil. Posisi keempat diduduki oleh Sandiaga Salahuddin Uno dengan skor 6.9,” katanya.

Dari dimensi integritas, Ridwan Kamil dan Anies Baswedan sama-sama mendapat skor 7,2, Mahfud MD mendapat skor 7,1, Ganjar Pranowo dengan skor 7,0, kemudian Khofifah Indar Parawansa dan Erick Thohir mendapat skor 6,8.

Dari dimensi kompetensi, Anies Baswedan mendapat skor 7,3, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat skor 7,2, Mahfud MD mendapat skor 6,9, Prabowo Subianto dengan skor 6,8, Salahudin Uno 6,7, dan Erick Thohir mendapat skor 6,6.

“Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan skor 7.1, kemudian Mahfud MD dengan nilai 6.9 dan Sandiaga Salahuddin Uno dengan nilai 6.8,” paparnya.

Burhanudin menilai dari semua aspek kepemimpinan terkait penanganan wabah, survei tersebut menyebut bahwa kemampuan pemimpin pemerintahan daerah cenderung mendapat penilaian lebih positif ketimbang pemerintah pusat.

“Mereka dipandang lebih peka terhadap krisis, lebih responsif, berani mengalokasikan sumberdaya, mampu berkomunikasi dengan masyarakat, dan mampu berkordinasi dengan seluruh aparat,” ujarnya.

Indikator mencatat Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil semuanya unggul di kalangan usia <= 40 tahun. Pemilih Anies Baswedan terutama datang dari kalangan LSM/Ormas, akademisi dan media massa.

“Ganjar Pranowo dari pengusaha dan media massa, sementara Ridwan Kamil utamanya didukung media massa dan akademisi. Berdasarkan proporsi pemilih, Anies Baswedan memiliki basis kuat di kalangan LSM/Ormas, Ganjar Pranowo kalangan pengusaha, dan Ridwan Kamil media massa,” katanya.

Sementara sebaran pemilih ketiga gubernur ini mirip dengan perolehan nilai kepemimpinan. Suara Anies Baswedan banyak datang Sumatera, Banten dan Jawa Barat; Ganjar Pranowo dari Jawa Timur dan Jawa Tengah&DIY; dan Ridwan Kamil dari Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

“Secara total, Anies Baswedan dan Ridwan Kamil sama-sama berada di posisi teratas dengan nilai 7.2. Diikuti oleh Ganjar Pranowo (7.1), Mahfud MD (6.9) dan Sandiaga Salahuddin Uno (6.8),” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anies baswedan ridwan kamil Pilpres 2024
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top