Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Brasil Klaim Penambahan Kasus Baru Covid-19 Mulai Melambat

Brasil menjadi zona merah Covid-19 terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat dengan 3.456.652 kasus dan 111.100 orang meninggal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Agustus 2020  |  10:18 WIB
Calon penumpang kereta mengenakan masker di dalam stasiun kereta Luz di Sao Paulo, Brasil, Senin (22/6/2020). - Bloomberg/Jonne Roriz
Calon penumpang kereta mengenakan masker di dalam stasiun kereta Luz di Sao Paulo, Brasil, Senin (22/6/2020). - Bloomberg/Jonne Roriz

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Brasil memperkirakan tingkat penyebaran virus Corona (Covid-19) di negara tersebut tengah melambat.

Hal itu disampaikan, Rabu (19/8/2020), seiring adanya laporan bahwa tingkat penularan sudah turun di bawah level penentu.

Selain itu, otoritas menyatakan bahwa ada tanda-tanda awal penurunan secara bertahap terkait jumlah keseluruhan kasus dan kematian Covid-19 setiap minggunya.

Optimisme itu diungkapkan secara hati-hati lantaran data kembali menunjukkan peningkatan yang stabil dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi serta kematian dalam 24 jam terakhir.

Data tersebut memperkuat status Brasil sebagai zona merah Covid-19 terbesar kedua di dunia, setelah Amerika Serikat. Menurut data kementerian, Brasil telah mengalami penurunan jumlah kasus baru Covid-19 menjadi 304.684 minggu lalu.

Jumlah tersebut menurun dibandingkan pada puncaknya, yaitu 319.653 kasus dalam sepekan, yang berakhir pada 25 Juli.

Sementara itu, jumlah kematian mingguan turun menjadi 6.755 dari puncaknya sebanyak 7.677 pada minggu terakhir Juli.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London memperlihatkan bahwa, untuk pertama kalinya sejak April, Brasil minggu ini mencatat tingkat penularan di bawah 1, menurut laporan media Brasil.

Tingkat di bawah 1 menunjukkan bahwa setiap orang yang terinfeksi corona akan menularkan virus itu kepada kurang dari satu orang, sehingga mengurangi wabah.

"Di satu sisi, ini adalah tren. Kita harus mengawasi bagaimana penyakit itu berperilaku dalam dua minggu ke depan untuk melihat apakah ada penurunan yang signifikan," kata Sekretaris Badan Pengawasan Kesehatan Arnaldo Medeiros kepada wartawan pada konferensi pers, Rabu.

Setelah itu pada Rabu, angka resmi kementerian menunjukkan bahwa dalam 24 jam terakhir muncul 49.298 kasus baru Covid-19 dan 1.212 kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh virus corona tersebut.

Sejak pandemi Covid-19 mulai muncul di negara itu, Brasil sejauh ini mencatat 3.456.652 kasus, sementara angka resmi kematian telah meningkat menjadi 111.100, menurut data kementerian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil Virus Corona covid-19

Sumber : Antara/Reuters

Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top