Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naskah Asli Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno Ditampilkan Besok

Naskah asli teks proklamasi akan dihadirkan pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara.
Serah terima naskah asli teks proklamasi yang akan ditampilkan besok di Istana Merdeka/BPMI Setpres-Muchlis Jr.
Serah terima naskah asli teks proklamasi yang akan ditampilkan besok di Istana Merdeka/BPMI Setpres-Muchlis Jr.

Bisnis.com, JAKARTA - Naskah asli teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesai pada 75 tahun silam yang ditulis tangan oleh Bung Karno akan ditampilkan besok.

Naskah asli teks proklamasi tersebut akan ditampilkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, 17 Agustus 2020

Hal itu dipastikan setelah Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melakukan serah terima arsip bersejarah tersebut pada Minggu, 16 Agustus 2020.

Arsip tersebut kemudian akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

"Hari ini kita saksikan bersama satu lagi perjalanan bangsa Indonesia bahwa ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden, untuk bersama-sama besok kita tampilkan di mimbar kehormatan," ujar Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani, di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan, pada Minggu, 16 Agustus 2020.

Setelah dilakukan serah terima, naskah asli Teks Proklamasi tersebut akan dibawa dari depot penyimpanan arsip statis ANRI menuju Istana oleh Sekretariat Presiden.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi, Deputi Konservasi Arsip ANRI, Kandar, kepada Kepala Biro Umum, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Yudhi Wijayanto.

Serah terima naskah teks proklamasi itu disaksikan di antaranya oleh Plt. Kepala ANRI Taufik, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani, dan Plt. Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati.

Dokumen bersejarah tersebut akan diserahkan kembali kepada ANRI pada tanggal 18 Agustus 2020 untuk kembali disimpan dan dirawat dengan baik.

"Insyaallah tanggal 18 Agustus akan kami serahkan kembali untuk mendapatkan perawatan terbaik di ANRI. Mudah-mudahan kita bisa jadi saksi dan pelaku sejarah karena peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun ini berbeda. Rekan-rekan masyarakat bisa mengikuti secara virtual di stasiun televisi ataupun secara virtual," ucap Rika.

Berdasarkan siaran pers ANRI, Minggu (16/8/2020), ANRI telah menyimpan naskah asli Teks Proklamasi tersebut di ruang penyimpanan khusus sejak 1992.

Berdasarkan catatan sejarah, naskah tersebut diselamatkan dan disimpan oleh B.M. Diah, seorang tokoh pers dan pejuang kemerdekaan. Naskah asli proklamasi tersebut kemudian diserahkan kepada Presiden Kedua Republik Indonesia Soeharto yang meneruskannya kepada Menteri Sekretaris Negara 1988-1998 Moerdiono.

Moerdiono menyerahkan naskah tersebut kepada ANRI pada 1992 untuk disimpan dan dirawat dengan baik. Sejak saat itu, ANRI menyimpan naskah asli Teks Proklamasi yang bertulis tangan Sang Proklamator dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, demikian penjelasan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (16/8/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : Setpres
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper