Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Jadwal Sidang Tahunan MPR/DPR dan Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

Sidang tahunan MPR/DPR RI dan penyampaian pidato Presiden Joko Widodo akan dihelat pada hari ini, Jumat (14/8/2020) pukul 09.00-16.00.
Ilustrasi- sidang Tahunan MPR/Dokumentasi
Ilustrasi- sidang Tahunan MPR/Dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sidang tahunan MPR/DPR RI akan dihelat pada hari ini, Jumat (14/8/2020). Dalam agenda tahunan itu, Presiden Joko Widodo akan memberikan pidato kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT RI ke-75 dan pidato penyampaian RUU APBN 2021 serta nota keuangan.

Berdasarkan dokumen jadwal penyelenggaraan yang diterima Bisnis, agenda tahunan yang dihelat di Gedung DPR/MPR RI  itu akan terbagi menjadi dua bagian.

Pertama, Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI akan dimulai pukul 09.00-11.00 WIB. Dalam kegiatan ini Presiden Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka Peringatan HUT RI ke-75.

Kedua, pidato ketua DPR dalam rangka pembukaan masa persidangan I 2020-2021 yang dilanjutkan dengan pidato nota keuangan pemerintah dalam rangka RAPBN 2021 yang akan dimulai pukul 14.00-16.00 WIB.

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI akan dibuka pukul 09.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Pukul 09.08 WIB, Sidang Tahunan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Kemudian, dilanjutkan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD RI yang akan dibuka oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Selepas pengantar Sidang Tahunan MPR, pukul 09.28-09.48 WIB agenda tersebut dilanjutkan dengan Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR dan DPD oleh Ketua DPR.

Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Lembaga-Lembaga Negara dan Pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI akan dilaksanakan pada pukul 09.48 hingga 10.48 WIB. 

Agenda pertama itu akan ditutup dengan doa bersama, menyanyikan lagu kebangsaan. Sidang ditutup oleh Ketua DPR pada pukul 10.54 – 10.59 WIB. Setelah itu Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua DPD meninggalkan Ruang Sidang Paripurna.

RAPBN 2021 dan Nota Keuangan

Agenda tahunan itu akan kembali dimulai pada pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini dimulai dengan pidato ketua DPR dalam rangka pembukaan masa persidangan I 2020-2021 pada pukul 14.05 - 14.20 WIB.

Setelah itu, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato penyampaian keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN 2021 beserta nota keuangan. Agenda ini akan dihelat pada pukul 14.20-15.05 WIB.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan penyampaian RUU tentang APBN 2021 beserta nota keuangan dan dokumen pendukung dari Presiden Jokowi kepada Ketua DPR RI. Sejumlah dokumen itu ditambah surat pertimbangan akan diserahkan Ketua DPR RI kepada Ketua DPD RI. Agenda ini berlangsung hingga pukul 15.20 WIB.

Rangkaian agenda kedua  ini juga akan ditutup dengan doa bersama dan menyanyikan lagu kebangsaan. Pada pukul 15.37, Presiden dan para peserta sidang tahunan akan meninggalkan ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper