Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Daftar Negara-Negara yang Terperosok Jurang Resesi Akibat Corona

Inggris masuk ke dalam deretan negara-negara yang mengalami resesi di tahun 2020. Sebelumnya, Flipina, Korea Selatan, bahkan Amerika Serikat sudah terperosok ke jurang resesi.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 13 Agustus 2020  |  14:49 WIB
Warga Inggris di masa pandemi Covid-19.  - Bloomberg
Warga Inggris di masa pandemi Covid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris menjadi negara teranyar dalam sederet negara yang jatuh ke jurang resesi ekonomi di tahun 2020 akibat pandemi virus corona.

Ekonomi Inggris menderita lebih buruk daripada negara besar Eropa lainnya selama lockdown virus corona. Negeri Ratu Elizabeth itu membukukan kontraksi 20,4 persen pada kuartal kedua

Dilansir dari Bloomberg, rekor penurunan ini secara resmi mendorong Inggris ke dalam resesi pertamanya sejak 2009, setelah pada kuartal pertama tahun ini terkontraksi 2,2 persen. Pengumuman angka ini mengikuti laporan yang menunjukkan ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan.

Secara tahunan (year-on-year/yoy), ekonomi Inggris terkontraksi 21,7 persen pada kuartal II/2020, setelah pada kuartal I/2020 ekonomi juga terkontraksi 1,7 persen.

Angka-angka tersebut menambah bukti bahwa Inggris membayar harga yang mahal karena lebih lambat daripada kebanyakan negara-negara tetangganya untuk melakukan lockdown pada Maret. Negara ini juga memiliki angka kematian tertinggi di Eropa akibat virus corona.

Sebelum Inggris, sejumlah negara telah lebih dulu masuk ke jurang resesi. Berikut ini daftar negara-negara tersebut:

1 dari 5 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi resesi ekonomi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top