Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Viral Awan Gelombang di Meulaboh, Ini Penjelasan BMKG

Awan tersebut merupakan bagian dari awan Cumulonimbus. Jenis ini merupakan awan rendah yang secara beriringan berada pada satu level atau single level.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  18:40 WIB
Tangkapan layar Awan Arcus yang tersebar di media sosial - Bisnis.com/Rayful Mudassir
Tangkapan layar Awan Arcus yang tersebar di media sosial - Bisnis.com/Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena alam awan menyerupai gelombang muncul di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh pada Senin (10/8/2020). Kemunculan awan ini juga heboh di media sosial.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh Zakaria mengatakan bahwa awan berbentuk seperti ombak yang menggulung tersebut bernama Arcus atau Roll Clouds.

Awan tersebut merupakan bagian dari awan Cumulonimbus. Jenis ini merupakan awan rendah yang secara beriringan berada pada satu level atau single level.

“Awan ini juga dapat menimbulkan angin kencang, hujan lebat, biasa juga terjadi kilat, petir, angin putingbeliung hingga hujan es,” katanya saat dihubungi Bisnis, Senin (10/8/2020).

Lebih lanjut biasanya awan ini terjadi di daerah yang tidak begitu luas, sehingga tidak dapat dipantau satelit. Zakaria mengibau masyarakat agar segera mencari perlindungan bila melihat awan ini.

Masyarakat juga diminta untuk menghindari area terbuka seperti lapangan. Sementara itu, nelayan dapat segera berlabuh ke darat untuk menghindati terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Di sisi lain, dia menegaskan bahwa fenomena ini tidak berhubungan dengan erupsi Gunung Sinabung di Sumatra Utara pagi tadi. Di samping itu, dia juga meminta agar masyarakat tak menyebut awan ini sebagai awan tsunami untuk menghindari persepsi liar publik.

Sementara itu, Meulaboh juga menjadi trending topic hingga sore ini. Warganet meminta pengguna Twitter untuk saling mendoakan agar tidak terjadi bencana apapun di wilayah itu setelah kemunculan awan ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG aceh
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top