Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Puluhan Peserta di Luar Negeri Ikuti Tes SKB CPNS Formasi 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mempersilakan peserta untuk melakukan pendaftaran ulang serta menentukan titik lokasi seleksi sesuai domisili.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  22:58 WIB
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020). -  ANTARA / Adeng Bustomi
Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Gedung Serba Guna Balekota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2020). - ANTARA / Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan bahwa puluhan peserta seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengikuti tes di berbagai negara.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suherman kondisi ini sebagai bentuk kemudahan yang diberikan oleh panitia untuk para peserta.

Pada tahapan SKB lanjutan tahun ini, panitia mempersilakan peserta untuk melakukan pendaftaran ulang serta menentukan titik lokasi seleksi sesuai domisili. Adapun pengumuman dan pendaftaran ulang SKB berlangsung pada 1 - 7 Agustus.

Langkah tersebut ini dilakukan panitia untuk meminimalisir mobilisasi massa atau pergerakan peserta dari satu kota ke kota lain. Mereka cukup memilih lokasi di daerah domisili terkini termasuk di luar negeri.

“Data terbaru khusus peserta yang mengikuti tes di luar negeri sudah memilih lokasi 55 orang,” katanya, Rabu (5/8/2020).

Mereka tersebar di sejumlah negara seperti Jepang, Malaysia, Singapura, China, Lebanon, Australia, Turki, Arab Saudi, Brunei Darussalam dan Belanda. Dari sejumlah negara, Malaysia mencatatkan peserta seleksi lebih dari satu orang.

Suherman menjelaskan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk meminjamkan ruangan guna pelaksanaan SKB di luar negeri.

“Misalnya di Kuala Lumpur ada beberapa yang memilih lokasi ujian di kedutaan kita tempatnya. Dengan Kemlu kami sudah minta tempat ujian,” ujarnya.

Adapun, BKN membuka 150.313 formasi untuk seleksi CPNS formasi 2019. Dari jumlah tersebut, 17.000 di antaranya berpotensi kosong.

Kondisi ini terjadi akibat tidak adanya pelamar pada formasi tersebut maupun adanya pelamar yang tidak lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) pada Maret lalu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

CPNS seleksi cpns
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top