Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KASN Minta Pegawai Negeri Setop Langgar Netralitas Jelang Pilkada

Ketua KASN Agus Pramusinto juga meminta para pemangku kepentingan bersinergi guna mencegah pelanggaran netralitas oleh ASN.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  13:50 WIB
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA - HO/KPU
Logo Pilkada Serentak 2020 - ANTARA - HO/KPU

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk menghentikan pelanggaran netralitas termasuk jelang Pilkada serentak 2020.

“Saya minta kepada seluruh pegawai ASN untuk setop melakukan pelanggaran netralitas ASN,” katanya saat kampanye virtual Gerakan Nasional Netralitas ASN, Rabu (5/8/2020).

Dia meminta agar seluruh pegawai membangun pemahaman yang sama berkaitan dengan paradigma undang-undang ASN dan berfokus pada kinerja serta pelayanan publik.

Selain itu, Agus meminta ASN menjalin sinergi pencegahan pelanggaran netralitas melalui kolaborasi para pemangku kepentingan baik antarinstansi pemerintah, LSM, masyarakat, komunitas dan media massa.

“Kami berharap perhatian dan kemauan baik dari para kepala daerah selaku PPK untuk segera menindaklanjuti rekomendasi KASN dan Bawaslu,” tuturnya.

Di samping itu, KASN meminta kepada pemerintah dan DPR untuk segera menyelesaikan RUU Etika Penyelenggara Negara yang sudah pernah dimasukan dalam prolegnas 2014 - 2019.

ASN lanjutnya mesti menjaga neralitas khususnya selama penyelenggaran Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Gerakan Nasional Netralitas ASN ini dinilai merupakan upaya untuk mewujudkan netralitas ASN dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

“Netralitas ASN tidak hanya diwujudkan dalam even-even politik tetapi harus dimanifestasikan pula dalam aktivitas ASN lainnya yakni pelayanan publik, perumusan dan penetapan kebijakan serta manajemen ASN,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilkada Serentak ASN Pilkada 2020
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top