Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ujian Simak UI: Jadwal Kelompok IPS Diundur

Jadwal ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia dimulai pada hari ini, Rabu (5/8/2020). Namun, untuk menghindari kesalahan teknis akibat jaringan internet, panitia memundurkan jadwal untuk ujian kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jadwal ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia dimulai pada hari ini, Rabu (5/8/2020). Namun, untuk menghindari kesalahan teknis akibat jaringan internet, panitia memundurkan jadwal untuk ujian kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial.

Mengutip akun twitter Universitas Indonesia, untuk menghindari gangguan karena kendala bandwidth internet maka jadwal ujian Kemampuan Dasar untuk peserta kelompok IPS diundur dua jam dari jadwal tes sebelumnya.

“Bagi peserta yang termasuk kategori kelompok ujian IPS jadwal ujian Kemampuan dasar mengalami perubahan. Jadwal ujian peserta kelompok IPS untuk tes Kemampuan IPS menjadi 12.00-13.00 WIB dan Kemampuan Dasar menjadi 13.30-14.30 WIB,” tulis akun Universitas Indonesia, Kamis (5/8/2020).

Sebelumnya, pelaksanaan ujian untuk semua kelompok dilaksanakan mulai pukul 10.00 WIB.

Adapun, bagi peserta ujian dengan kelompok ujian IPA, jadwal ujian tetap mengikuti yang tertera pada kartu ujian atau jadwal awal. Peserta ujian juga diminta untuk melakukan log in pada laman ujiansimak.ui.ac.id 15 menit sebelum ujian di mulai.

Untuk menghindari kecurangan, pihak Universitas Indonesia juga memastikan pelaksanaan ujian daring Simak UI, diawasi secara ketat. Peserta wajib menggunakan dan menyalakan webcam dan diwajibkan mematuhi peraturan ujian.

Peraturan ujiannya antara lain perserta ujian diminta agar mengerjakan soal di ruangan sendiri tanpa ada orang lain di ruangan. Selain itu, karena pengawas bisa melakukan monitoring menggunakan webcam, peserta juga diharapkan tidak membuka catatan atau mencari jawaban di internet, bertanya kepada orang lain, atau diwakilkan saat mengerjakan ujian.

Dengan ujian daring ini, peserta juga dilarang untuk mengambil gambar atau menyalin dan menyebarkan soal ujian. Peserta juga tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator dan menyiapkan alat tulis serta kertas kosong untuk menghitung soal hitungan.

Meskipun di rumah saja, peserta ujian juga harus tetap berpakaian rapi dan menempelkan kertas ukuran 20x10 cm pada baju yang menunjukkan kode sesi ujian.

Ujian Simak UI hanya berlangsung pada waktu yang ditentukan, tidak ada tambahan waktu bagi peserta yang terlambat atau mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper