Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 Mulai Tersebar di Pabrik-Pabrik Kota Danang, Vietnam

Kota Danang, Vietnam, dalam sepekan terakhir menjadi pusat perhatian lantaran menjadi tempat kasus baru Covid-19 muncul kembali setelah 3 bulan nihil.
Papan iklan besar berisi pemberitahuan tentang virus corona terpampang di jalanan Hanoi, Vietnam, Jumat (29/5/2020)./Bloomberg-Maika Elan
Papan iklan besar berisi pemberitahuan tentang virus corona terpampang di jalanan Hanoi, Vietnam, Jumat (29/5/2020)./Bloomberg-Maika Elan

Bisnis.com, JAKARTA - Gelombang kedua virus Corona (Covid-19) dikabarkan mulai menyerang sejumlah pabrik di Kota Danang, Vietnam. Kota ini dalam sepekan terakhir menjadi pusat perhatian pemerintah Vietnam akibat menjadi tempat kasus baru Covid-19 muncul kembali setelah 3 bulan nihil.

Surat kabar Lao Dong, media pemerintah Vietnam, Senin (3/8/2020), melaporkan bahwa kasus virus Corona itu telah menyebar ke setidaknya empat pabrik di Kota Danang. Fasilitas produksi tersebut secara keseluruhan mempekerjakan sekitar 3.700 orang.

Media tersebut juga melaporkan bahwa empat kasus Covid-19 ditemukan di pabrik yang berlokasi di area industri berbeda di pusat kota yang secara kolektif mempekerjakan 77.000 orang.

Vietnam, yang dipuji secara luas atas langkah-langkah tegasnya untuk memerangi Covid-19 sejak pertama kali kasus penyakit itu muncul pada akhir Januari, sedang memerangi gelombang baru virus Corona setelah lebih dari tiga bulan tanpa adanya kasus penularan domestik.

Hanya satu dari empat kasus Covid-19 di pabrik tersebut yang telah dimasukkan dalam penghitungan kasus virus Corona di Kementerian Kesehatan Vietnam.

Vietnam, pada hari ini, Senin (3/8/2020) melaporkan satu kasus baru Covid-19 yang terkait dengan Kota Danang, sebuah kota pusat pariwisata. Dengan demikian, kasus Covid-19 di negara itu menjadi 621, dengan enam kematian.

Sebagai informasi, kasus baru Covid-19 di Vitenam pertama kali dilaporkan pada 25 Juli dan telah mencapai setidaknya 10 lokasi di negara tersebut, termasuk Kota Hanoi dan Ho Chi Minh, dan menginfeksi 174 orang serta menewaskan enam orang.

Menurut surat kabar Lao Dong yang mengutip ketua serikat pekerja dewan manajemen area industri Danang, salah satu dari empat pabrik tempat penularan terjadi telah menghentikan operasi.

Vietnam telah melakukan 52.000 tes untuk virus Corona baru dalam tujuh hari terakhir, menurut analisis data resmi Reuters.

Pemerintah Kota Danang, Sabtu (1/8/2020), mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk melakukan tes Covid-19 kepada seluruh populasi di Danang yang mencapai 1,1 juta orang. Langkah itu diklaim sebagai 'tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya' untuk memerangi wabah tersebut.

Adapun, Kota Danang memberlakukan penguncian (lockdown) pekan lalu. Tempat hiburan ditutup dan pergerakan orang untuk masuk dan keluar kota dilarang.

Pihak berwenang, pada Minggu (2/8/2020) mengatakan bahwa jenis virus Corona baru yang terdeteksi di Danang adalah jenis yang lebih menular.

Pihak berwenang juga menyebutkan bahwa setiap orang yang terinfeksi dapat menginfeksi lima hingga enam orang lainnya, dibandingkan dengan skala penularan pada 1,8 hingga 2,2 pada periode sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper