Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Unair Masih Buka Pendaftaran Jalur Mandiri, Ini Syaratnya

Pendaftaran seleksi mandiri Universitas Airlangga masih dibuka mulai 27 Juli 2020 sampai 8 Agustus 2020.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  13:36 WIB
Universitas Airlangga - Istimewa
Universitas Airlangga - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Ujian tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah berlalu, sekarang saatnya mencoba mendaftarkan diri di universitas melalui jalur mandiri. Salah satu perguruan tinggi negeri yang masih membuka pendaftaran jalur mandiri adalah Universitas Airlangga (Unair).

Pendaftaran seleksi mandiri Unair masih dibuka mulai 27 Juli 2020 lalu sampai 8 Agustus 2020. Adapun, seleksi dilakukan menggunakan Ujian Tulis pada 15 - 16 Agustus 2020 mendatang. Ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi calon peserta seleksi, untuk Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai berikut:

1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2018 dan 2019 harus sudah memiliki ijazah.

2. Bagi siswa lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2020 telah memiliki sekurang-kurangnya Kartu UNAS/Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Lulus (SKL) Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

Sementara itu, bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan lulusan luar negeri, persyaratannya sebagai berikut:

1. Lulus dari Satuan Pendidikan yang setara dengan SMA/MA/SMK (Sesuai dengan peraturan Dikdasmen Kemendikbud RI) pada Tahun 2018,2019, atau 2020.

2. Lulusan tahun 2020 sekurang-kurangnya telah memiliki SUrat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran dan pekerjaan sesuai kompetensi program studi yang dipilih.

Kemudian, bagi para calon peserta yang ingin mendaftar dikenakan biaya Rp300.000 untuk yang memilih kelompok Saintek atau Soshum. Sementara, untuk yang memilih kelompok campuran dikenakan biaya Rp500.000.

Adapun, Unair membuka dua jalur untuk pendaftaran mandiri, ada jalur reguler dan jalur kemitraan. Bedanya, jalur regular berupa ujian tertulis yang dilakukan secara daring yang materinya adalah tes potensi akademik (TPA) dan tes kemampuan akademik seperti matematika, biologi, fisika, kimia untuk Saintek dan geografi, ekonomi, sejarah untuk Soshum.

Hasil ujian tertulis untuk jalur reguler akan diumumkan pada 21 Agustus 2020, sedangkan, untuk jalur kemitraan adalah untuk mitra Unair seperti perusahaan, institusi, yayasan untuk mendaftarkan putra-putrinya (karyawan mitra). Untuk jalur ini diperlukan rekomendasi dari organisasi terkait. Adapun, seleksinya akan berdasarkan nilai UTBK.

Jadwal Pendaftaran jalur kemitraan juga berbeda, mulai 27 Juli - 24 Agustus 2020 dan diumumkan pada 26 Agustus 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unair seleksi mandiri
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top