Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Covid-19 Bisa Berlangsung Puluhan Tahun, Komite WHO Beri Peringatan

Komite WHO memperingatkan sejumlah negara untuk menyiapkan sistem kesehatan untuk menangani virus flu musiman dan pandemi penyakit lainnya di luar Covid-19.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 02 Agustus 2020  |  09:42 WIB
Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss - Bloomberg/Stefan Wermuth
Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss - Bloomberg/Stefan Wermuth

Bisnis.com, JAKARTA - Bos Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan pandemi virus Corona diperkirakan akan berlangsung selama beberapa dekade.

"Pandemi ini adalah krisis kesehatan dalam seabad, efeknya akan terasa hingga beberapa dekade mendatang," ungkap Tedros dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (2/8/2020).

Komite WHO memperingatkan sejumlah negara untuk menyiapkan sistem kesehatan untuk menangani virus flu musiman dan pandemi penyakit lainnya di luar Covid-19.

Komite juga menyesalkan lamanya waktu sebelum WHO memutuskan status emergensi internasional. Komite WHO yang terdiri dari 17 anggota dan 12 penasihat tersebut  melakukan pertemuan pada Jumat (30/7/2020) untuk keempat kalinya.

Pertemuan ini membahas krisis virus Corona yang telah berlangsung selama setengah tahun sejak deklarasi darurat kesehatan masyarakat internasional (public health emergency of international concern/PHEIC) pada 30 Januari 2020 dengan tingkat alarm tertinggi WHO.

"WHO terus menilai tingkat risiko global COVID-19 menjadi sangat tinggi," kata komite usai pertemuan itu.

Virus Corona baru telah menewaskan sedikitnya 680.000 orang dan menginfeksi setidaknya 17,6 juta sejak wabah itu muncul di China Desember lalu.

Tidak mengherankan, rapat komite memutuskan dengan suara bulat bahwa pandemi masih berstatus PHEIC.

Dalam pertemuan ini, komite juga ingin lebih banyak penjelasan terkait dengan dinamika virus, seperti mode penularan, penumpahan, potensi mutasi, kekebalan dan korelasi perlindungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

who Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top