Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Microsoft, Ada Investor Lain Tertarik Akuisisi TikTok di AS?

Pejabat pemerintah AS yang menyelidiki masalah keamanan nasional di sekitar aplikasi berbagi video milik China telah melakukan pembicaraan dengan setidaknya satu perusahaan besar lainnya serta investor di induk TikTok ByteDance Ltd. yang tertarik untuk mengambil saham di TikTok.
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Logo TikTok ditampilkan di TikTok Creator's Lab 2019 yang digelar Bytedance Ltd. di Tokyo, Jepang, Sabtu (16/2/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada

Bisnis.com, JAKARTA - Microsoft Corp. bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik untuk membeli operasi TikTok AS.

Pejabat pemerintah AS yang menyelidiki masalah keamanan nasional di sekitar aplikasi berbagi video milik China telah melakukan pembicaraan dengan setidaknya satu perusahaan besar lainnya serta investor di induk TikTok, ByteDance Ltd., yang tertarik untuk mengambil saham di TikTok.

Seperti dilansir Bloomberg , Sabtu (1/8/2020) ByteDance sedang mempertimbangkan perubahan pada struktur TikTok karena Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan memesan divestasi bisnis AS TikTok, sebuah keputusan yang dapat datang kapan saja.

Investor ventura di ByteDance telah mendekati Chief Executive Officer Zhang Yiming dengan berbagai proposal untuk mengatasi kekhawatiran AS akan ancaman keamanan data. Solusi apa pun kemungkinan harus melewati pengawasan dari regulator AS di Komite Investasi Asing di Amerika Serikat, serta regulator antitrust AS.

Kesepakatan itu memberikan peluang langka untuk mengambil untung dari momentum aplikasi media sosial yang tumbuh paling cepat di AS. Namun, tidak semua perusahaan yang tertarik dengan kesepakatan semacam itu bahkan akan ikut serta.

Pasalnya, penilaian TikTok diperkirakan US$ 20 miliar hingga US$ 40 miliar, sehingga hanya sedikit perusahaan yang mampu membelinya. Sebagian besar dari mereka yang mungkin akan merasa sulit secara politis untuk mengambil langkah.

CEO Facebook Inc., Alphabet Inc. Google, Amazon.com Inc., dan Apple Inc. bersaksi minggu ini di DPR AS untuk menjawab pertanyaan anggota parlemen tentang kekuatan pasar mereka yang luar biasa.

Sementara salah satu dari empat perusahaan dapat memasukkan TikTok ke dalam penawaran produk mereka, transaksi oleh para raksasa ini sudah ada di bawah microsoft.

Google, dengan Youtubenya merupakan tawaran video yang bersaing, sudah menghadapi penyelidikan Uni Eropa untuk akuisisi yang jauh lebih kecil dari Fitbit Inc.

Apple cenderung tidak melakukan akuisisi apapun termasuk TikTok. Pembelian Facebook tahun lalu dari saingan yang lebih kecil, Instagram dan WhatsApp, telah diangkat kembali di tengah-tengah pengawasan antimonopoli.

Jaringan sosial terbesar di dunia telah bekerja untuk mengubah anggota parlemen terhadap TikTok, dan tidak mungkin untuk mengambil risiko lebih lanjut ke posisi yang sudah lemah pada keamanan data. Facebook juga melihat pembelian Musical.ly, pendahulu TikTok, pada tahun 2016.

Microsoft, dengan nilai pasar US$ 1,55 triliun, lebih besar dari Google atau Facebook, tetapi saat ini memiliki reputasi yang lebih baik di Washington. Perusahaan tidak diundang ke persidangan antimonopoli pada 29 Juli, dan sebagian besar lolos dari kritik baru-baru ini tentang pengaruh besar Big Tech.

Belum jelas apakah Microsoft akan berusaha untuk mengintegrasikan TikTok ke dalam operasinya sendiri, atau bergabung dengan investor lain dari ekuitas swasta atau modal ventura untuk membiayai pemintalan TikTok sebagai entitas terpisah yang berbasis di AS.

Dengan opsi kedua, investor dapat berupaya mendapatkan lebih banyak lagi dari daftar saham TikTok di masa depan.

Perusahaan media, seperti Walt Disney Co. dan Verizon Communications Inc., sebelumnya tertarik membeli aset media sosial. Disney pada 2016 mempertimbangkan, tetapi pada akhirnya memutuskan untuk tidak membeli Twitter Inc.

CEO TikTok, Kevin Mayer, sebelumnya adalah kepala streaming untuk Disney, dan mungkin diposisikan lebih baik untuk membantu menengahi kesepakatan di dunia media.

Perusahaan media sosial lainnya, seperti Twitter dan perusahaan induk Snapchat Snap Inc., memiliki penilaian yang lebih kecil daripada TikTok dan karenanya tidak mungkin menjadi penawar. Mereka perlu menggunakan stok atau bantuan keuangan dari luar untuk menyelesaikan transaksi semacam itu.

Masih belum jelas bagaimana divestasi TikTok AS akan bekerja, dan seberapa lengkap aplikasi harus terpisah dari kepemilikan China saat ini. Perusahaan belum menentukan bagaimana langkah tersebut akan memengaruhi karyawan, teknologi, atau produknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper