Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian Luar Negeri Buka Lowongan, Ini Persyaratannya

Kementerian Luar Negeri mencari tenaga kerja baru untuk mengisi kekosongan posisi di perwakilan luar negeri.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 30 Juli 2020  |  20:33 WIB
Pencari kerja melintas di dekat stan sebuah perusahaan pada bursa kerja di Disnakertrans Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/4). - Antara/R Rekotomo
Pencari kerja melintas di dekat stan sebuah perusahaan pada bursa kerja di Disnakertrans Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (19/4). - Antara/R Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Luar Negeri membuka penerimaan calon pegawai setempat periode II TA 2020. Pendaftaran dibuka pada 1-31 Agustus 2020. 

Berdasarkan pengumuman Kemlu, Pegawai Setempat yang terpilih akan ditugaskan pada beberapa fungsi yang ada di perwakilan Indonesia di luar negeri, di antaranya fungsi politik, ekonomi, protokol dan konsuler, penerangan, sosial dan budaya, dan administrasi.

Adapun syarat-syarat umumnya antara lain warga negara Indonesia. Pada 1 September 2020 berusia serendah-rendahnya adalah 22 tahun dan maksimal 45 tahun.

Setia dan taat kepada pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia. 

CPNS kemenlu kemlu 2020

CPNS kementerian Luar negeri

Tidak pernah diberhentikan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai pegawai negeri sipil, prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Indonesia, atau diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai setempat dan pegawai swasta. 

Kemudian, tidak sedang berkedudukan sebagai calon PNS atau PNS, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis, memiliki latar belakang sesuai dengan persyaratan.

Memiliki keahlian dan keterampilan untuk bidang tugas yang diperlukan, menguasai bahasa inggris dan/atau bahasa asing lainnya secara memadai, sehat jasmani dan rohani serta bebas narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dinyatakan dengan surat keterangan dokter.

Berkelakuan baik dan tidak pernah terlibat tindak pindana baik di wilayah Indonesia maupun negara lain yang dinyatakan dengan surat keterangan dari pejabat berwenang. Terakhir, lulus seleksi. 

Adapun persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh pelamar adalah memiliki ijazah minimal D3 dengan jurusan atau bidang, yakni hubungan internasional, politik, administrasi, kajian wilayah, komunikasi, sastra, hukum, ekonomi, studi pembangunan, manajemen, akuntansi, bisnis, keuangan, pariwisata, kesenian, teknik informatika, sistem informasi, komputer, teknik elektro, dan sekretaris. 

Kemudian, surat lamaran yang ditujukan ke kepala biro SDM, Kementerian Luar Negeri, CV, dan dokumen pendukung dikirimkan ke rekrutmencps.sdm@kemlu.go.id.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu lowongan kerja CPNS
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top