Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Amerika Serikat Donasi 1.000 Ventilator untuk Indonesia

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi menerima bantuan tersebut secara simbolis yang penyerahannya diwakili oleh Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedubes AS di Jakarta Heather Variava.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  07:55 WIB
Sebuah ventilator ditempatkan di samping seorang pasien di ICU RS Sant Pau di Barcelona, Spanyol, Kamis (2/4/2020). - Bloomberg/Angel Garcia\n
Sebuah ventilator ditempatkan di samping seorang pasien di ICU RS Sant Pau di Barcelona, Spanyol, Kamis (2/4/2020). - Bloomberg/Angel Garcia\\n

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan 1.000 unit ventilator kepada Indonesia dalam rangka menanggulangi pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi menerima bantuan tersebut secara simbolis yang penyerahannya diwakili oleh Kuasa Usaha Sementara (KUAI) Kedubes AS di Jakarta Heather Variava.

“Bantuan ini merupakan realisasi dari komitmen Presiden Donald Trump yang disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo pada pembicaraan telepon tanggal 24 April 2020, dalam rangka upaya bersama menanggulangi pandemi Covid-19,” ungkap Oscar, dikutip melalui keterangan resmi Kemenkes, Selasa (28/7/2020).

Total ada 1.000 unit ventilator produksi Vyaire Medical lengkap dengan aksesoriesnya senilai total US$15 juta yang akan dihibahkan kepada Pemerintah Indonesia melalui USAID.

Dalam acara serah terima tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenkes yang didampingi oleh Plt. Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Pretty Multihartina dan Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan Andi Saguni secara simbolis menerima 100 unit ventilator pengiriman pertama yang telah tiba di Jakarta pada Rabu (22/07/2020).

Seratus unit ventilator tersebut saat ini berada di Gudang Pusat Krisis Kesehatan di Jalan Percetakan Negara Jakarta dan siap didistribusikan ke beberapa dinas kesehatan. Terkait hal ini, Provinsi DKI Jakarta direncanakan akan menerima 20 ventilator dari alokasi 100 ventilator pengiriman pertama.

Diharapkan, bantuan ventilator tersebut dapat meningkatkan upaya bersama Pemerintah AS dan Pemerintah RI dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

“Bantuan seribu ventilator tersebut akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan terkini kasus Covid-19 di masing-masing daerah di Indonesia,” tambah Oscar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat covid-19 Ventilator
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top