Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Indikator: Pelaku Usaha Puas Kinerja Jokowi, Tapi...

Kepuasan para pelaku usaha terhadap Presiden Joko Widodo paling banyak disokong oleh pelaku usaha dua sektor.
Presiden Joko Widodo/ANTARA-Hafidz Mubarak A/Pool
Presiden Joko Widodo/ANTARA-Hafidz Mubarak A/Pool

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mash memiliki pekerjaan rumah untuk meyakinkan para pelaku usaha dibeberapa sektor agar dapat bertahan di era pandemi virus Corona.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, kepuasan para pelaku usaha terhadap Presiden Joko Widodo mencapai 65 persen. Kepuasan tersebut paling banyak, atau sebesar 78 persen disokong oleh pelaku usaha sektor pertanian dan kelautan.

"Paling banyak datang dari sektor perikanan dan kelautan yang paling positif menilai presiden. Yang paling bawah dari [pelaku usaha] sektor pertambangan dan pengolahan cenderung kurang puas," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhannudin Muhtadi, Kamis (23/7/2020).

Secara rinci, terdapat 7 sektor yang menjadi responden dalam survei tersebut.

Tujuh sektor tersebut antara lain pertanian non perikanan dan kelautan, perikanan dan kelautan, pertambangan dan penggalian.

Lalu industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, reparasi, peralatan mobil dan sepeda motor, serta sektor pengangkutan dan pergudangan.Masing-masing sektor juga terdiri atas skala usaha mikro, kecil, menengah dan besar.

Dalam survei itu, ada 1.176 pelaku usaha yang menjadi responden terkait kinerja kabinet dan ekonomi di masa pandemi ini. Para responden diwawancarai melalui telepon.

Populasi survei adalah pelaku usaha di tujuh sektor ekonomi di 9 provinsi yakni Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Burhannudin menjelaskan mayoritas dari pelaku usaha sektor industri pengolahan dan penggalian merasa masih ada peraturan yang mempersulit industri pengolahan dan penggalian untuk berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper