Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Indikator: Pelaku Usaha Puas Kinerja Jokowi, Tapi...

Kepuasan para pelaku usaha terhadap Presiden Joko Widodo paling banyak disokong oleh pelaku usaha dua sektor.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  16:57 WIB
Presiden Joko Widodo/ANTARA-Hafidz Mubarak A - Pool
Presiden Joko Widodo/ANTARA-Hafidz Mubarak A - Pool

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mash memiliki pekerjaan rumah untuk meyakinkan para pelaku usaha dibeberapa sektor agar dapat bertahan di era pandemi virus Corona.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, kepuasan para pelaku usaha terhadap Presiden Joko Widodo mencapai 65 persen. Kepuasan tersebut paling banyak, atau sebesar 78 persen disokong oleh pelaku usaha sektor pertanian dan kelautan.

"Paling banyak datang dari sektor perikanan dan kelautan yang paling positif menilai presiden. Yang paling bawah dari [pelaku usaha] sektor pertambangan dan pengolahan cenderung kurang puas," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhannudin Muhtadi, Kamis (23/7/2020).

Secara rinci, terdapat 7 sektor yang menjadi responden dalam survei tersebut.

Tujuh sektor tersebut antara lain pertanian non perikanan dan kelautan, perikanan dan kelautan, pertambangan dan penggalian.

Lalu industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, reparasi, peralatan mobil dan sepeda motor, serta sektor pengangkutan dan pergudangan.Masing-masing sektor juga terdiri atas skala usaha mikro, kecil, menengah dan besar.

Dalam survei itu, ada 1.176 pelaku usaha yang menjadi responden terkait kinerja kabinet dan ekonomi di masa pandemi ini. Para responden diwawancarai melalui telepon.

Populasi survei adalah pelaku usaha di tujuh sektor ekonomi di 9 provinsi yakni Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Burhannudin menjelaskan mayoritas dari pelaku usaha sektor industri pengolahan dan penggalian merasa masih ada peraturan yang mempersulit industri pengolahan dan penggalian untuk berkembang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi survei
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top