Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Pegawai KPK Positif Corona, Tes Swab Digelar Mulai Hari Ini

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pelaksanaan tes PCR dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada Rabu-Kamis, tanggal 15-16 Juli 2020.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  13:45 WIB
Petugas mengambil sampel lendir saat Tes PCR di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang, Rabu (22/4 - 2020). Foto: Istimewa
Petugas mengambil sampel lendir saat Tes PCR di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Undip Semarang, Rabu (22/4 - 2020). Foto: Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal menyelenggarakan tes swab PCR  (polymerase chain reaction) kepada seluruh pegawai. Hal ini menyusul 7 pegawai KPK terdeteksi positif terinfeksi Virus Corona penyebab Covid-19.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa pelaksanaan tes tersebut bakal dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada Rabu-Kamis, tanggal 15-16 Juli 2020.

"Tahap dua pada hari Senin-Kamis, tanggal 20-27 Juli 2020," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (15/7/2020).

Ali mengatakan sebagai langkah antisipasi, KPK juga terus menerus meningkatkan upaya-upaya mitigasi risiko penyebaran wabah ini, dengan melakukan sejumlah hal. Misalnya, pengaturan ulang terkait kapasitas lift.

"Membuat saluran komunikasi siaga (hotline) yang dikelola Poliklinik KPK untuk layanan informasi darurat terkait perkembangan situasi pencegahan Covid-19 di lingkungan KPK," kata Ali.

Pihak KPK lanjut Ali juga melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di seluruh ruangan Gedung Merah Putih dan ACLC.

"Menjaga jarak aman sekitar 1,5-2 meter antarorang di manapun pegawai berada. Pengaturan tempat duduk dilakukan pada area kerja, ruang rapat, kantin, dan lain-lainnya," katanya.

Kemudian, pegawai juga diwajibkan menggunakan masker selama bekerja di kantor atau beraktivitas di luar. Terakhir, menghindari penggunaan alat pribadi secara bersama seperti alat sholat, alat makan, dan lain-lainnya.

"Upaya ini adalah bagian dari ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Sebelumnya, KPK mengonfirmasi bahwa terdapat 7 pegawainya yang pernag terinfeksi Virus Corona dalam rentang Mei-Juli 2020.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari biro SDM, Bagian Umum dan poliklinik KPK, hingga saat ini tercatat 7 pegawai KPK yang pernah terinfeksi Virus Corona pada rentang Mei - Juli 2020," kata Ali.

Ali mengatakan 5 dari 7 pegawai itu sudah dinyatakan sembuh dalam rentang Mei-Juni 2020.

Sementara itu, Ali mengatakan, masih ada 1 orang dalam proses perawatan di rumah sakit dan berada dalam kondisi baik. Ali menyebut Pegawai tersebut sedang menunggu hasil tes lanjutan sesuai mekanisme yang berlaku untuk dinyatakan sehat.

Ali melanjutkan, 1 orang pegawai lainnya saat ini sedang menjalani proses isolasi mandiri dengan pantauan pihak rumah sakit dan puskesmas domisili.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK Virus Corona covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top