Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Secapa AD Jadi Klaster, tapi Kecamatan Dadap Nihil Positif Covid-19

Kendati Secapa (Sekolah Calon Perwira) AD di Bandung jadi klaster Covid-19, wilayah Kecamatan Dadap Kota Bandung nihil kasus positif Covid-19.
 Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung./Istimewa
Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (AD) atau Secapa AD yang berlokasi di Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Kendati Secapa (Sekolah Calon Perwira) AD di Bandung jadi klaster Covid-19, wilayah Kecamatan Dadap Kota Bandung nihil kasus positif Covid-19.

Secara administratif, lokasi Secapa AD berada di wilayah Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap Kota Bandung.

Kendati Secapa AD menjadi klaster Covid-19, tidak ditemukan kasus positif Covid-19 untuk warga sipil di Kelurahan Hegarmanah, bahkan hinga di tingkat Kecamatan Cidadap, yang mencakup tiga kelurahan, yaitu Hegarmanah, Ledeng, dan Ciumbuleuit.

Ahyani Raksanagara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung, mengatakan di Kecamatan Cidadap saat ini tidak ada warga yang berstatus positif COVID-19 meskipun Secapa AD jadi klaster baru, namun data anggota TNI tidak masuk ke dalam data penyebaran Covid-19 Kota Bandung.

"Data Secapa terpisah, saat ini tidak ada laporan penambahan kasus di Kecamatan Cidadap, semoga (warga) tidak terpapar," kata Ahyani, Rabu (15/7/2020) seperti dilaporkan Antara.

Di Kecamatan Cidadap sejak adanya pandemi sudah ada delapan orang yang dinyatakan positif Covid-19 namun kini kedelapan orang tersebut sudah dinyatakan sembuh tanpa adanya kasus kematian.

Meski Secapa AD menjadi klaster baru karena banyak siswa yang terinfeksi Covid-19, menurutnya kawasan itu cukup terkendali oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung.

"Karena kasus positif di luar Secapa sebetulnya terkendali," kata Ahyani.

Selain itu, di Kecamatan Cidadap masih ada lima orang yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) dan dua orang yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di tiga kelurahan kawasan Secapa AD, ia berharap pengendalian wabah Covid-19 di sana bisa semakin optimal.

"Itulah sebabnya kewaspadaan harus terus dijaga, level kewaspadaan diperlukan agar wilayah paham situasi," katanya.

Namun ia mengatakan, data yang saat ini dihimpun itu bersifat dinamis sesuai dengan pelacakan kasus dan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung.

Saat ini, PSBM diberlakukan di tiga kelurahan Kecamatan Cidadap. Di antaranya Kelurahan Hegarmanah, Kelurahan Cisatu, dan Kelurahan Panorama.

Kemudian sebanyak 600 warga di wilayah itu juga bakal menjalani rapid test untuk memastikan penyebaran Covid-19 pasca adanya klaster baru Secapa AD. Pelaksanaan rapid test itu bakal digelar dari 15 Juli hingga 17 Juli 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper