Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kapal Perang AS Terbakar, 21 Orang Cedera

Kapal perang jenis amfibi itu terbakar saat sedang proses pemeliharaan rutin.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Juli 2020  |  11:58 WIB
Kapal perang Amerika Serikat USS BonHomme-Richard Lhd 6 - ANTARA/Pande Yudha
Kapal perang Amerika Serikat USS BonHomme-Richard Lhd 6 - ANTARA/Pande Yudha

Bisnis.com, SAN DIEGO - Kebakaran melanda salah satu kapal perang miliki Amerika Serikat, Minggu waktu sempat.

Dilaporkan Reuters, seperti dikutip Antara, Senin (13/7/2020) kapal perang Amerika Serikat USS Bonhomme Richard, yang merapat di Pangkalan Angkatan Laut di San Diego, dikepung api yang berkobar selama berjam-jam pada Minggu (12/7/2020).

Kapal segera dikosongkan dan 21 orang dilarikan ke rumah sakit karena cedera ringan, kata beberapa pejabat angkatan laut dan dinas pemadam kebakaran setempat.

Pasukan Pemadam Kebakaran San Diego melaporkan sebuah ledakan terjadi bersamaan dengan kobaran api, yang mulai muncul pada sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

Saat kejadian, kapal amfibi penyerang itu sedang berlabuh di San Diego untuk menjalani perawatan rutin.

Kobaran api melanda kapal sepanjang 257 meter itu selama beberapa jam. Enam kapal pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Sebanyak 17 pelaut dan empat warga sipil dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan akibat cedera ringan yang mereka alami.

Semua personel yang berada di dalam kapal perang itu, sekitar 160 orang, sudah dipastikan keselamatannya, kata AL AS dalam pernyataannya.

Angkatan Laut sebelumnya menyebutkan ada 18 awak kapal yang terluka.

Menurut Rear Admiral Charles Brown, juru bicara Angkatan Laut AS di Pentagon,para pelaut yang cedera itu sebagian besar menghirup asap kebakaran dan mengalami luka bakar ringan. Kapal tersebut biasanya membawa sekitar 1.000 awak.

Dua kapal perusak bersenjatakan peluru kendali yang sedang berlabuh di dekatnya, yaitu USS Fitzgerald dan USS Russell, dalam waktu 90 menit dipindahkan ke dermaga yang lebih jauh dari kapal perang yang terbakar tersebut.

Asap dari kebakaran mulai menghilang pada pukul 15.00 waktu setempat.

Juru bicara AL AS di San Diego, Mike Raney, mengatakan sumber api dan penyebab kebakaran belum dipastikan. Sejauh ini tidak ada bukti bahwa kebakaran itu merupakan hasil aksi kejahatan.

Raney mengatakan sebagai tindakan keamanan, persenjataan di kapal-kapal perang biasanya sudah diturunkan sebelum kapal memasuki pelabuhan untuk mendapatkan perawatan.

Bonhomme Richard, yang diluncurkan pada 1998, dirancang untuk mengangkut helikopter-helikopter penyerang milik Korps Marinir serta pasukan darat ke medan pertempuran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat kapal perang

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top