Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CEK FAKTA: Viral Mobil Kepresidenan Diisi BBM Eceran Wadah Jeriken

Mobil dinas yang menjadi viral tersebut adalah kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 11 Juli 2020  |  11:34 WIB
Mobil Presiden Indonesia - Istimewa
Mobil Presiden Indonesia - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Viral video berdurasi 8 detik mobil berpelat Indonesia 2 mengisi bensin melalui jeriken di pinggir jalan.

Rekaman ini diunggah oleh sejumlah akun media sosial dan menyebutkan kendaraan tersebut mobil kepresidenan yang dipakai Presiden Jokowi saat kunjungan ke daerah.

Namun, nyatanya mobil itu digunakan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat melakukan kunjungan ke Sukabumi, Jawa Barat pada 8 Juli 2020.

Mobil dinas yang menjadi viral tersebut adalah kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar membenarkan bahwa mobil tersebut diisi melalui jeriken di pinggir jalan. Namun, bukan dengan bensin eceran, melainkan dengan bensin yang telah disiapkan dalam setiap rangkaian VVIP.

“Pengisian BBM dari jeriken dilakukan  karena tidak adanya SPBU yang memiliki bahan bakar minyak sesuai kriteria mobil VVIP dan bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Sabtu (11/7/2020).

Dia menjelaskan bahwa dalam setiap rangkaian VVIP selalu ada bensin cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.  Hal ini guna mengantisipasi tidak adanya SPBU dengan spesifikasi bensin yang dibutuhkan di lokasi tertentu.

Seperti diketahui, Wakil Presiden Ma'ruf Amin pagi ini menyambangi tiga titik di kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (8/7/2020). Ini merupakan kunjungan kerja perdana Wapres sejak pandemi Covid-19.

Berdasarkan keterangan resmi Setwapres, Wapres Ma'ruf Amin meninjau sejumlah lokasi di Sukabumi. Wilayah ini masuk kategori zona hijau penyebaran Covid-19.

Pertama, Wapres berkunjung ke SMAN 4 Kota Sukabumi. Sekolah ini akan menerapkan protokol kesehatan termasuk kepada para siswanya saat kegiatan belajar mengajar tatap muka dimulai.

Sekolah ini dianggap menjadi role model pelaksanaan kegiatan belajar tatap muka langsung di masa adaptasi tatanan normal baru.

Usai kunjungan tersebut, Wapres melawat ke Balai Kota Sukabumi. Wapres akan mendengar paparan dari Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengenai penanganan pandemi Covid-19 di Kota Sukabumi dan Program Pulihkan Sukabumi.

Sebelum kembali ke Jakarta, Wapres menutup rangkaian kunjungan kerjanya dengan melakukan peninjauan ke Pondok Pesantren Assobariyyah

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi spbu wapres ma'ruf amin
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top