Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelaksana Proyek RDMP Kilang Balikpapan Diminta Patuhi Protokol Covid-19

Saat ini sudah ada klaster proyek RDMP dan dalam sepekan terakhir telah terjadi transmisi lokal atau penularan antarsesama pekerja.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  13:26 WIB
Karyawan Pertamina melakukan pengawasan di fasilitas RU V Balikpapan. Istimewa - Pertamina
Karyawan Pertamina melakukan pengawasan di fasilitas RU V Balikpapan. Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pelaksana proyek refinery development master plan yaitu perluasan dan peningkatan kapasitas kilang minyak Balikpapan, Kalimantan Timur diminta memperhatikan protokol kesehatan pandemik Covid-19.

Permintaan tersebut disampaikan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (6/7/2020). “Di sana paling banyak kasus di antara klaster migas. Jadi, kami ingin tahu apa yang terjadi.”

Sebelumnya, Wali Kota Rizal mengancam akan menghentikan proyek RDMP setelah terjadi transmisi lokal di antara para pekerja.

Pemerintah Kota Balikpapan sebelumnya telah menyurati Manajemen Proyek RDMP untuk penerapan protokol kesehatan Covid-19 di tempat kerja.

“Jadi, kami akan tegaskan, jika tidak dipatuhi, maka kami akan lakukan penyetopan kegiatan. Kami minta sekali lagi agar mereka mematuhi,” tegas Wali Kota.

Satu hal yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Balikpapan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 adalah para pekerja setelah mengikuti uji swab kembali berbaur seperti biasa dan tidak melakukan isolasi mandiri. Hal tersebut diduga menjadi penyebab tingginya penularan di antara para pekerja.

“Padahal, isolasi mandiri itu wajib sambil menunggu hasil swab keluar. Ya, syukur kalau negative, tapi kalau positif bisa menjadi sumber penularan kepada teman-temannya,” kata Wali Kota Rizal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada klaster proyek RDMP dan dalam sepekan terakhir telah terjadi transmisi lokal atau penularan antarsesama pekerja.

“Kami temukan ada yang tertular di mes, ada yang di lokasi kerja,” katanya.

Klaster migas adalah sebutan untuk pengelompokan semua pekerja migas yang tertular Covid-19.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kilang balikpapan covid-19

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top