Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jangan Konsumsi Deksametason Sembarangan! Ini Alasannnya

Sebuah studi di Oxford University menunjukkan bahwa deksametason dalam dosis rendah itu bermanfaat bagi pasien kritis Covid-19
Ilustrasi - Aktivitas di salah satu Laboratorium yang ada di Kalimantan Tengah,  Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat
Ilustrasi - Aktivitas di salah satu Laboratorium yang ada di Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Deksametason adalah alternatif obat yang hanya diberikan kepada pasien Covid-19 berkondisi berat.

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan mengatakan bahwa sampai saat ini WHO belum merekomendasikan deksametason sebagai obat Covid-19.

Namun, sambungnya, sebuah studi di Oxford University menunjukkan bahwa deksametason dalam dosis rendah itu bermanfaat bagi pasien kritis Covid-19 yang menggunakan ventilator yakni menurunkan potensi kematian hingga 33 persen dan 20 persen pada pasien yang memerlukan oksigen.

"Tapi perlu diingat deksametason tidak bermanfaat untuk pasien ringan apalagi digunakan untuk pencegahan [Covid-19] karena itu obat keras yang banyak efek sampingnya. Soalnya saya dengar ada masyarakat yang borong obat itu secara online," ujarnya dalam sebuah diskusi daring, Minggu (28/6/2020).

Selain itu, Erlina juga memaparkan standard penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit.

Menurutnya, di saat darurat ada beberapa pilihan obat yang diberikan kepada pasien seperti azitromisin, klorokuin fosfat atau hidroksiklorokuin dan antivirus berupa oseltamivir, favipiravir, dan remdesivir.

"Jika pasien tidak merespon atas obat-obatan standard tersebut maka ada beberapa pilihan terapi lain [host modifiers/immuned based therapy] tapi ini masih uji klinis seperti stem cell therapy, plasma convalcent therapy, hingga imunomodulator," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper