Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Airlangga: Seluruh Parpol Sepakat Prioritaskan Kesehatan Masyarakat saat Pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19, langkah awal pemerintah difokuskan pada penanganan di sektor kesehatan. Kemudian, penanganan dilanjutkan pada penyiapan jaring pengaman sosial, dan terakhir jaring pengaman ekonomi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  23:30 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Bisnis - Himawan L Nugraha
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19, langkah awal pemerintah difokuskan pada penanganan di sektor kesehatan. Kemudian, penanganan dilanjutkan pada penyiapan jaring pengaman sosial, dan terakhir jaring pengaman ekonomi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa alur penanganan Covid-19 tersebut merupakan kesepakatan politik.

"Artinya seluruh partai politik sepakat bahwa ini adalah program utama untuk kepentingan masyarakat di mana kesehatan adalah masalah kemanusiaan jadi nilainya tertinggi," katanya dalam diskusi virtual bersama para pemimpin media massa, Rabu (1/6/2020).

Lebih lanjut, dalam upaya pemulihan ekonomi, pemerintah terus memantau kondisi terkini badan usaha baik milik pemerintah maupun swasta, termasuk korporasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna mengambil kebijakan yang tepat.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa salah satu kebijakan ekonomi yakni pemberian suntikan dana atau investasi kepada badan usaha milik negara (BUMN) telah dilakukan pemerintah.

"Investasi itu hanya diberikan kepada badan usaha milik negara [BUMN]. Sedangkan swasta diberikan dalam bentuk restrukturisasi dan kredit modal kerja khusus. Bagi UMKM di bawah Rp10 miliar, pemerintah melakukan subsidi sehingga beban tidak di debitur dan perbankan melainkan di support dari pemrtintah melalui APBN," paparnya.

Sementara itu terkait utang obligasi dan utang luar negeri yanh jatuh tempo, pemerintah akan bertindak sebagai fasilitator agar perusahaan tetap beroperasi sehingga sebisa mungkin tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para pekerjanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

airlangga hartarto Virus Corona covid-19
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top