Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pancasila Jadi Pedoman Penanganan Pandemi Covid-19

Aspek yang terkandung dalam Pancasila menjadi kaidah pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo-istimewa
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Agus Widjojo-istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pancasila sebagai dasar-dasar ideologi negara menjadi keunggulan Indonesia jika dibandingkan negara-negara yang tidak memiliki falsafah atau dasar bernegara.

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Agus Widjojo mengatakan bahwa negara-negara yang tidak memiliki landasan negara akan mengalami kesulitan dalam menghadapi persoalan.

"Pancasila selain mengatur substansi nilai-nilai yang menyatukan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara juga secara sadar mencari kesepakatan untuk menemukan kaidah yang merespon ciri masyarakat Indonesia yang berkarakteristik komposisi mayoritas-minoritas serta ke kebhinekaan," kata Agus dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, aspek yang terkandung dalam Pancasila menjadi kaidah pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu terwujud dalam efektivitas pemerintahan yang berpadu dengan kepercayaan dan kepatuhan rakyat terhadap semua ketentuan yang diterbitkan pemerintah seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Lebih lanjut, kesadaran masyarakat untuk saling peduli dan menjauhi sikap mementingkan diri sendiri juga menjadi wujud pengejawantahan Pancasila.

"Nilai ini merupakan cerminan dari nilai terdalam yang ada dalam kearifan lokal kita termasuk yang terkandung dalam Pancasila yaitu gotong royong atau kebersamaan," ujarnya.

Menurutnya, dengan gotong royong atau upaya yang berangkat dari individu dalam menangani Covid-19, maka akan membentuk ketahanan nasional.

Walhasil, keberhasilan mengatasi pandemi Covid-19 akan sangat tergantung dari usaha perseorangan dalam membangun daya tahan tubuh sebagai titik awal membangun ketahanan nasional.

"Selamat hari lahirnya Pancasila. Mari kita bangun ketahanan nasional kita untuk segera pulih dari ancaman pandemi Covid-19," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper