Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adaro Sumbang Rp2,5 Miliar untuk Bikin Ventilator Covent-20 Rakitan UI

PT Adaro Energy Tbk (Adaro) melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) memberikan bantuan senilai Rp 2,5 miliar utuk  Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk pembuatan dan pendistribusian 100 ventilator COVENT-20 ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.
Ventilator buatan Universitas Indonesia (UI) Covent-10./Istimewa
Ventilator buatan Universitas Indonesia (UI) Covent-10./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Adaro Energy Tbk (Adaro) melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) memberikan bantuan senilai Rp 2,5 miliar utuk  Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) untuk pembuatan dan pendistribusian 100 ventilator Covent-20 ke rumah sakit-rumah sakit yang membutuhkan.

“Kita semua harus bergerak cepat, saling membantu terutama dalam penyediaan alat kesehatan yang sangat diperlukan untuk penanganan Covid-19. Kebutuhan ventilator untuk rumah sakit di seluruh Indonesia cukup besar, dan pemerintah tidak bisa sendiri,” kata Dewan Pengawas YABN sekaligus Direktur Adaro M. Syah Indra Aman melalui keterangan resmi, Jakarta, pada Kamis (28/5/2020).

Indra menuturkan pihaknya mengapresiasi inovasi dari generasi muda UI untuk menciptakan ventilator Covent-20 yang berbiaya rendah namun memiliki keunggal untuk mempercepat penanganan pasien positif dan PDP Covid-19 di Indonesia.

Dekan Fakultas Teknik UI Hendri D.S. Budiono mengatakan kerja sama dengan Adaro ini merupakan perwujudan sinergi antara universitas dan industri dalam mewujudkan hilirisasi riset.

“Sejak pertama kali ide Covent-20 dicetuskan, tujuan kami adalah pengabdian kepada negara serta mendukung pemerintah di dalam menanggulangi Covid-19 di Indonesia. Saat ini, lebih dari 2.000 ventilator dibutuhkan oleh rumah sakit-rumah sakit di seluruh Indonesia,” kata Hendri.

Covent-20 telah dinyatakan lulus uji produk untuk mode ventilasi CMV dan CPAP di Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) pada April 2020. Ventilator kebanggaan ini juga telah menyelesaikan uji pra klinis pada hewan di Animal Facility IMERI FKUI dengan hasil yang memuaskan. Saat ini Covent-20 tengah menjalani uji klinis pada manusia di RSCM, Jakarta.

Covent-20 memiliki keunggulan berupa ventilasi multimode Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) dan Continuous Mandatory Ventilation (CMV). Keunggulan lainnya adalah biaya produksi yang lebih hemat, compact, portable, hemat energi, serta mudah dioperasikan.

Tim Ventilator UI merupakan kolaborasi dari para peneliti FTUI, Fakultas Kedokteran UI (FKUI), Rumah Sakit UI, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta Jurusan Teknik Elektromedik dan RSUP Persahabatan Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper