Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menyiasati Takbiran Keliling di Tengah Pandemi Covid-19

Majelis Ulama Indonesia telah mengeluarkan fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Covid-19.
Devi Sri Mulyani
Devi Sri Mulyani - Bisnis.com 23 Mei 2020  |  16:38 WIB
Ilustrasi: Umat muslim menaiki atap bus ketika mengikuti malam takbir di Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (24/6). Kegiatan malam takbiran tersebut untuk menyambut Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada Minggu (25/6). ANTARA FOTO - Wahyu Putro A
Ilustrasi: Umat muslim menaiki atap bus ketika mengikuti malam takbir di Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (24/6). Kegiatan malam takbiran tersebut untuk menyambut Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada Minggu (25/6). ANTARA FOTO - Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA — Hari Raya Idulfitri tahun ini akan jatuh pada Minggu (24/5/2020). Itu artinya pada Sabtu (23/5/2020) seluruh umat Islam akan mengumandangkan takbir. Namun, tidak seperti momen Idulfitri tahun sebelumnya, pada tahun ini seluruh umat Islam akan merayakannya di tengah situasi pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Covid-19.

Di dalam fatwa tersebut dijelaskan bahwa setiap umat Islam dalam kondisi apa pun disunahkan untuk menghidupkan suasana malam Idulfitri dengan takbir, tahlil, dan tahmid. MUI pun mengimbau agar takbir dilakukan di rumah masing-masing.

Dan di tengah situasi sulit seperti ini, mustahil rasanya bagi umat Islam di Indonesia untuk melakukan takbir keliling. Namun, umat Islam tidak perlu takut akan kehilangan momen takbiran tersebut karena masih bisa menyiasatinya dengan mengumandangkan takbir dari rumah.

Takbir yang dilaksanakan di dalam masjid hanya terbatas kepada para jemaah atau pengurus takmir saja. Bagi yang ingin bertakbir dari rumah, umat Islam dapat mengunduh MP3 takbiran yang bisa didapatkan dari berbagai situs secara gratis.

Dengan begitu seluruh umat Islam yang tidak bertakbir ke masjid ataupun melakukan takbir keliling, masih bisa tetap menghidupkan nuansa malam Idulfitri walaupun hanya dari rumah.

Waktu pelaksanaan takbir bisa dilakukan selepas tenggelamnya matahari hingga menjelang dilaksanakannya salat Idulfitri keesokan paginya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mui malam takbiran
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top