Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Pelajar Agama Islam di Kairo Dipulangkan ke Indonesia

Sebanyak 129 Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan pelajar agama Islam di Kairo berhasil difasilitasi kembali ke Indonesia.
Asrama Indonesia di Al Azhar, Kairo/setkab.go.id
Asrama Indonesia di Al Azhar, Kairo/setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 129 Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan pelajar agama Islam di Kairo berhasil difasilitasi kembali ke Indonesia.

Repatriasi ini dilakukan setelah sejumlah WNI tertahan di Mesir akibat kebijakan penutupan penerbangan komersial penumpang internasional yang berlangsung sejak 19 Maret 2020 sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Mereka mayoritas adalah peserta kursus atau pelatihan, baik Bahasa Arab maupun ilmu agama Islam yang telah menyelesaikan programnya sejak awal Mei 2020. Berkat kerja sama antara KBRI Cairo, pemerintah Mesir, dan Air Cairo, sebanyak 129 WNI berhasil difasilitasi kembali ke Indonesia pada 21 Mei 2020.

“KBRI Cairo telah berkoordinasi dengan Pusat, Pemerintah Mesir dan Air Cairo untuk persiapan repatriasi tersebut. Repatriasi Tahap II ini berbeda dengan repatriasi sebelumnya yaitu kali ini dengan menyewa pesawat Air Cairo,” jelas Dubes RI Kairo Helmy Fauzy seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (22/5/2020).

Dia memerinci, WNI yang berhasil direpatriasi terdiri dari 108 siswa Sekolah Al Irsyad Purwokerto yang telah menyelesaikan program pelatihan Bahasa Arab di Mesir, dan selebihnya yaitu peserta pelatihan dakwah serta WNI yang tengah berkunjung ke Mesir.

Repatriasi tahap II tersebut kembali menggunakan maskapai Air Cairo dengan skema chartered flight atau sewa pesawat.

Pesawat itu akan kembali ke Kairo tanpa penumpang atau kosong. Biaya sewa pesawat dibebankan kepada masing-masing peserta repatriasi. Pesawat berangkat dari Kairo tanggal 21 Mei 2020 pukul 07.30 pagi waktu setempat, dan tiba di Jakarta tanggal 22 Mei 2020 pukul 03.00 WIB.

Seluruh peserta repatriasi tahap II telah diminta untuk melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditentukan sebagai syarat untuk kembali ke Tanah Air. Untuk kelancaran perjalanan hingga ke daerah masing-masing di Indonesia, seluruh peserta repatriasi telah dibekali dengan surat keterangan dari KBRI Cairo.

Sebagai informasi, pada repatriasi tahap I yang membawa 75 WNI tanggal 25 April 2020, KBRI Kairo mendapatkan tawaran dari pemerintah Mesir untuk memanfaatkan pesawat yang akan mengevakuasi warga negara Mesir yang tertahan di Jakarta dan Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper