Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sandiaga Uno: Pilpres 2024 Akan Jauh Berbeda dari Sebelumnya

Politisi Sandiaga Uno memprediksi ada dua kondisi pemilihan umum presiden atau pilpres 2024 yang sangat berbeda dengan pilpres 2019.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 17 Mei 2020  |  16:43 WIB
Sandiaga Uno memprediksi ada dua kondisi pemilihan umum presiden atau pilpres 2024 yang sangat berbeda dengan pilpres 2019. - Istimewa
Sandiaga Uno memprediksi ada dua kondisi pemilihan umum presiden atau pilpres 2024 yang sangat berbeda dengan pilpres 2019. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Sandiaga Uno memprediksi ada dua kondisi pemilihan umum presiden atau pilpres 2024 yang sangat berbeda dengan pilpres 2019.

"Pertama, profil pemilih akan berubah sangat drastis dibandingkan dengan [pilpres] 2019," kata Sandi saat diwawancarai Refly Hasan di channel YouTube @Refly Harun, Minggu (17/5/2020).

Alasannya, pada 2024 populasi milenial akan mendominasi lebih dari separuh penduduk Indonesia.

Kedua, isu-isu yang selama ini mendominasi pemilu, baik pilgub, pilkada, pilpres, juga akan berubah total.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini meyakini ada dua permasalahan yang akan mendominasi pilpres 2024.

Pertama, masalah kemandirian bangsa dari berbagai sektor seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kesehatan akan menjadi isu utama yang dibawa dalam konstelasi pilpres mendatang.

"[Kedua] mengenai individu-individunya kita tidak pernah tahu [siapa yang akan maju pada pilpres 2024]," ujar Sandi.

Pasalnya, bercermin dari proses konstelasi Pilgub 2017 dimana Sandi yang sejak awal diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta, tetiba berubah menjadi calon wakil gubernur mendampingi Anies Baswedan di saat-saat terakhir menjelang pendaftaran cagub dan cawagub DKI Jakarta ke KPU.

Ditanya Refly apakah Sandi siap jika pada pilpres 2024 diusung menjadi calon presiden atau wakil presiden dan menghadapi Prabowo Subianto, dia hanya tersenyum dan memilih tidak memikirkannya.

"Belajar dari berbisnis dan berpolitik, ada hal yang bisa dikontrol dan ada hal yang sama sekali tidak bisa kita kontrol. Jadi hal-hal yang tidak bisa kita kontrol ini [jadi capres atau cawapres pemilu 2024] percuma juga kita pikirin dan ngebayangin, malah bikin stres sendiri," kata Sandi.

Berikut wawancara Sandiaga Uno di channel youtube Refli Harun:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres sandiaga uno
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top