Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Telepon Jokowi, PM Jepang Minta RI tetap Kirim Gaun Medis

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebutkan pihaknya telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia melalui organisasi internasional termasuk WHO dan UNICEF.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 24 April 2020  |  06:18 WIB
Ilustrasi - Presiden Indonesia Joko Widodo disambut oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada saat kedatangannya untuk sesi foto sambutan dan keluarga di KTT para pemimpin G20 di Osaka Jepang, 28 Juni 2019. - Reuters
Ilustrasi - Presiden Indonesia Joko Widodo disambut oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada saat kedatangannya untuk sesi foto sambutan dan keluarga di KTT para pemimpin G20 di Osaka Jepang, 28 Juni 2019. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo kemarin, Kamis (23 April 2020) melakukan telewicara atau telpon dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe.

Dalam percakapan yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit itu, kedua kepala negara saling bertukar informasi mengenai penanganan wabah corona atau Covid-19 di masing-masing negara. Keduanya memastikan akan terus bekerjasama dan saling dukung dalam mengatasi penyebaran virus corona.

Berikut petikan inti pembicaraan antara Jokowi dan Shinzo Abe seperti dikutip dari rilis resmi Kedutaan Besar Jepang, Jumat (24/04/2020)

  1. Pada awal pembicaraan, Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jepang atas bantuan selama ini termasuk kerjasama dalam proses evakuasi awak Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah Covid-19. Pada kesempatan tersebut, Perdana Menteri Abe menyampaikan rasa bela sungkawa atas wafatnya almarhumah Ibunda Presiden Joko Widodo. Selain itu, Perdana Menteri Abe juga menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo karena rakyat Indonesia, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sedang bersatu memerangi wabah Covid-19. 
  1. Selanjutnya Perdana Menteri Abe menjelaskan upaya-upaya yang diambil Pemerintah Jepang untuk mengatasi wabah Covid-19 serta mengatakan bahwa Pemerintah Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap sarana medis di Indonesia melalui organisasi internasional termasuk WHO dan UNICEF. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa terima kasih.
  2. Dalam kesempatan ini, Perdana Menteri Abe juga meminta kerjasama Presiden Joko Widodo untuk memastikan keamanan dan perlindungan warga negara Jepang yang berdomisili di Indonesia serta stabilitas operasional perusahaan Jepang. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan kesediaan untuk bekerjasamanya.
  3. Selain itu Perdana Menteri Abe juga meminta kerja sama agar peralatan medis termasuk gaun medis dapat diekspor ke Jepang secara stabil.
  4. Kedua belah pihak memastikan bahwa penanganan wabah Covid-19 merupakan tantangan utama dan menyepakati akan berkolaborasi erat untuk mengatasi kesulitan ini bersama

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jepang
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top