Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekonomi Terdampak Covid-19, Missouri Tuntut Ganti Rugi ke China

Negara bagian Amerika Serikat, Missouri menuntut pemerintah China atas kerugian ekonomi yang dialami akibat Covid-19.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 22 April 2020  |  19:36 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping dalam sebuah pertemuan di Beijing, China, Kamis (9/11/2017). - Reuters/Damir Sagolj
Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kiri) bersama Presiden China Xi Jinping dalam sebuah pertemuan di Beijing, China, Kamis (9/11/2017). - Reuters/Damir Sagolj

Bisnis.com, JAKARTA - Missouri menjadi negara bagian Amerika Serikat pertama yang menuntut pemerintah China atas penanganannya terhadap virus Corona atau Covid-19 yang berasal dari kota Wuhan telah menyebabkan kerugian ekonomi di negara bagian tersebut.

Gugatan perdata yang diajukan di pengadilan federal oleh Jaksa Agung Missouri Eric Schmitt itu menyebut faktor kelalaian sebagai salah satu tuntutan. Gugatan itu menyebutkan Missouri dan penduduknya telah menderita kerugian ekonomi puluhan miliar dolar AS dan meminta kompensasi tunai.

"Pemerintah China berbohong kepada dunia tentang bahaya dan sifat menular Covid-19, membungkam pelapor dan tidak banyak menghentikan penyebaran penyakit," kata Schmitt, seorang Republikan, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Huffingtonpost.com, Rabu (22/4/2020).

Dia menyatakan pemerintah China harus bertanggung jawab atas tindakannya dalam penanganan Covid-19. Gugatan itu juga menuduh pemerintah China memperburuk pandemi dengan menimbun masker dan peralatan pelindung pribadi lainnya.

Presiden Donald Trump, yang juga seorang Republikan, awalnya memuji China dan mitranya Xi Jinping atas tanggapan resmi terhadap wabah itu. Sejak itu wabah tersebut menyebar dan menginfeksi lebih dari 2,5 juta orang di seluruh dunia.

Para pejabat senior AS menyebutnya sebagai "virus China" dan dalam beberapa hari terakhir telah meningkatkan retorika mereka. China juga sudah menghadapi tuntutan hukum serupa yang diajukan di pengadilan AS atas nama pemilik bisnis.

Sementara itu, jumlah korban meninggal di Missouri mencapai 189 orang dengan jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 5.941, sedangkan di AS jumlah kematian akibat wabah Covid-19 telah mencapai 45.373 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top