Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Manfaat Kartu Prakerja Untuk Warga

Peserta kartu prakerja bukanlah penerima bantuan sosial progam keluarga harapan (PKH). Setiap peserta yang lolos seleksi akan mengikuti pelatihan online.
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA
Ilustrasi - Kartu Prakerja/ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan bakal memberikan paket manfaat sebesar Rp3,35 juta bagi para peserta Kartu Prakerja.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyebut saat ini Pemerintah telah membuka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang kedua yang dibuka sejak hari ini Senin 20 April 2020 pukul 08.00 WIB hingga Kamis 23 April 2020 pukul 16.00 WIB.

Pendaftaran Kartu Prakerja tersebut rencananya dibuka setiap minggu hingga minggu ke-4 pada November 2020 dan bisa diakses melalui situs resmi prakerja.kemnaker.go.id.

"Jika tidak memenuhi syarat akan didiskualifikasi. Misalnya, peserta di bawah 18 tahun atau sedang sekolah atau sudah menerima bantuan Program PKH," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (20/4/2020).

Dia menjelaskan bahwa pandemi virus corona atau Covid-19 yang belakangan ini menyerang Indonesia telah memberikan dampak negatif terhadap sektor perekonomian nasional.

Maka dari itu, kata Ida, pemerintah meluncurkan program Kartu Prakerja yang dinilai bisa menjadi stimulus bagi karyawan yang telah di PHK oleh perusahaannya.

"Dengan mengikuti Program Prakerja, nantinya masyarakat Indonesia bisa mengikuti pelatihan berbasis online yang disediakan di berbagai macam platform," katanya.

Ida optimistis program Kartu Prakerja itu dapat menjadi bekal bagi masyarakat dalam menghadapi situasi dewasa ini di Indonesia. Menurutnya, salah satu pelatihan berbasis TIK yang akan diberikan adalah Belajar Fundamental Front-end-Web Developer yang merupakan kurikulum dari Google.

"Semoga masyarakat bisa menerima manfaat dari pelatihan keterampilan di masa yang sulit seperti ini," ujarnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper