Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 5 Provinsi dengan Kasus Positif Covid-19 Terbanyak

Berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbesar atau menjadi episentrum penyebaran virus Corona.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 10 April 2020  |  18:16 WIB
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid/19)

Bisnis.com, JAKARTA – Wabah virus Corona atau Covid-19 melanda seluruh provinsi di Tanah Air. Hingga Jumat (10/4/2020), tercatat ada 3.512 kasus baru positif Covid-19 di Indonesia. 

Dari total kasus tersebut, DKI Jakarta merupakan provinsi dengan kasus positif Covid-19 terbesar di Indonesia. Dilansir dari laman resmi Gugus Tugas Penanganan Covid-19, yaitu covid19.go.id, sampai dengan 10 April 2020, kasus positif Covid-19 yang telah terkonfirmasi di wilayah Ibu Kota telah mencapai 1.753 kasus. 

Adapun, total kasus sembuh di DKI Jakarta mencapai 82 kasus, dan kasus meninggal berjumlah 154 kasus. Di wilayah DKI kasus terbesar Covid-19 berada di Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan.

Sebagai episentrum penyebaran virus Corona, DKI Jakarta mencatatkan kasus sembuh tertinggi jika dibandingkan provinsi lainnya. Total pasien Covid-19 yang sembuh di DKI Jakarta per hari ini bertambah 13 kasus. Meskipun demikian, DKI Jakarta juga mencatatkan kasus kematian tertinggi yaitu 12 kasus per hari ini.

Di bawah DKI Jakarta, ada Provinsi Jawa Barat dengan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 388 kasus. 

Di Jawa Barat, pasien yang sembuh mencapai 19 kasus, sedangkan kasus yang meninggal jumlahnya mencapai 40 kasus. Di wilayah Jabar, daerah dengan kasus tertinggi berada di Bogor, Depok, dan Bekasi. 

Kemudian, di posisi ketiga, ada Provinsi Jawa Timur dengan total kasus konfirmasi positif Covid-19 mencapai 256 kasus. Dari total tersebut 62 diantaranya telah dinyatakan sembuh, dan 22 meninggal.

Dilansir dari laman resmi Satgas Covid-19 Jatim, infocovid-19.jatimprov.go.id menunjukakn bahwa wilayah di Jatim dengan kasus terbesar ada di kota Surabaya dengan jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 93 kasus.

Kemudian, disusul Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah sebanyak 20 kasus, Kabupaten Malang 10 kasus. 

Adapun, wilayah dengan kasus positif Covid-19 terbesar keempat ialah Banten. Hingga saat ini, jumlah kasus yang positif yang telah terkonfirmasi di provinsi tersebut mencapai 234 kasus. 

Adapun, jumlah kasus yang sembuh hanya berjumlah 7 kasus, sedangkan yang meninggal mencapai 21 kasus.

Sementara itu, provinsi dengan kasus positif Covid-19 terbesar kelima ialah Sulawesi Selatan. Data dari Gugus Tugas Covid-19 menunjukkan bahwa jumlah kasus positif yang terkonfirmasi di Sulsel adalah 176 kasus. 

Dari jumlah tersebut, 24 kasus diantaranya telah dinyatakan sembuh, sedangkan 11 lainnya meninggal dunia.

Berdasarkan data dari laman covid19.sulselprov.go.id, Kota Makassar menjadi pusat penyebaran kasus di Sulsel dengan jumlah kasus positif mencapai 85 kasus. Kemudian disusul oleh Kabupaten Gowa dengan jumlah kasus sebanyak 17, dan Kabupaten Maros 12 kasus. 

Sementara itu, secara nasional, tercatat jumlah kasus positif yang terkonfirmasi hingga Jumat (10/4/2020) mencapai 3.512 kasus. Kemudian, kasus sembuh mencapai 282 kasus, sedangkan yang meninggal mencapai 306 kasus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top