Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isu Angin Utara Bawa Wabah Penyakit, BMKG: Itu Hoaks!

BMKG membantah adanya informasi yang beredar mengenai angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit.
Monitoring cuaca di wilayah Indonesia,/Dok.BMKG
Monitoring cuaca di wilayah Indonesia,/Dok.BMKG

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa isu yang beredar mengenai adanya angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit merupakan informasi palsu atau hoaks.

"Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut hoaks," kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal dalam pernyataan yang disampaikan di Jakarta, Kamis malam (9/4/2020).

Informasi yang beredar lewat aplikasi pesan tersebut, imbuhnya, sudah dipastikan hoaks dan isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dia mengatakan bahwa kondisi yang terjadi saat ini adalah di sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada dalam peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau yang biasa disebut sebagai masa pancaroba.

Dalam masa pancaroba tersebut, jelasnya, terjadi fenomena yaitu sirkulasi angin tidak lagi didominasi oleh angin yang berasal dari utara atau yang datang dari benua Asia.

Bahkan, menurut Herizal, di beberapa wilayah bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur-selatan atau yang berasal dari benua Australia.

Menurut hasil analisis dinamika atmosfer, BMKG memprediksi bahwa akhir Maret hingga Mei 2020 sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode pancaroba.

Dalam periode tersebut secara umum perubahan kondisi cuaca akan relatif lebih cepat. Agar masyarakat bisa mendapatkan informasi yang terkini, terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan Herizal mengimbau masyarakat untuk mengakses kanal-kanal resmi BMKG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper