Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Negara-Negara Tanpa Virus Corona

Di tengah meluasnya zona merah persebaran virus corona (Covid-19) global, sejumlah negara masih belum melaporkan satu pun kasus infeksi sejak virus mematikan ini pertama kali mengemuka di kota Wuhan, China, pada Desember 2019.
Bendera Korea Utara/Reuters
Bendera Korea Utara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah meluasnya zona merah persebaran virus corona (Covid-19) global, sejumlah negara masih belum melaporkan satu pun kasus infeksi sejak virus mematikan ini pertama kali mengemuka di kota Wuhan, China, pada Desember 2019.

Berdasarkan data Johns Hopkins University Coronavirus Resource Center, sebanyak 16 dari 193 negara-negara yang tergabung dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) belum melaporkan adanya kasus terjangkit penyakit ini hingga Selasa, 7 April 2020.

Menurut para pakar, beberapa di antara 16 negara yang dimaksud, seperti Korea Utara dan Yaman yang tengah dilanda perang, bisa saja memiliki kasus yang tidak dilaporkan.

Namun ada pula negara-negara yang besar kemungkinan memang belum dimasuki virus corona. Mayoritas adalah pulau-pulau kecil yang mencatat sedikit pengunjung, seperti dilansir BBC.

Kondisi ini mengindikasikan bahwa negara-negara kepulauan merupakan isolator yang sesungguhnya di zaman penuh aturan social distancing ini. Meski demikian, tak berarti pemerintah negara-negara itu bersikap santai.

Contohnya adalah Nauru, yang terletak di Samudra Pasifik. Negara anggota PBB dengan luas tanah terkecil setelah Monako ini adalah salah satu tempat yang paling jarang dikunjungi di Bumi, dengan hanya sekitar 160 wisatawan per tahun.

Memiliki 1 rumah sakit tanpa ventilator dan jumlah perawat yang minim, pemerintahan Presiden Lionel Aingimea namun tak berniat membuka peluang bagi masuknya virus corona.

“Kami menahan segala sesuatu di perbatasan. Kami menggunakan bandara kami sebagai perbatasan dan fasilitas transit sebagai bagian dari perbatasan kami,” ungkap Aingimea.

Ketika beberapa orang mengalami demam, mereka diisolasi lebih lanjut dan menjalani tes Covid-19. Alat uji kemudian dikirim ke Australia, tetapi semuanya kembali dengan hasil negatif.

“Setiap kali kami melihat peta [Covid-19], dunia seperti mengalami wabah campak, ada titik-titik merah di semua tempat. Jadi kami memastikan sebagai suatu bangsa, kami percaya doa-doa kami akan membantu bangsa-bangsa lain melewati masa-masa sulit ini,” tuturnya.

Dikutip dari moneycontrol.com, berikut 16 negara tanpa laporan infeksi Covid-19:

- Komoro (Comoros)

- Kiribati

- Lesotho

- Kepulauan Marshall (Marshall Islands)

- Federasi Mikronesia (Federated States of Micronesia)

- Nauru

- Korea Utara

- Palau

- Samoa

- Kepulauan Solomon (Solomon Islands)

- Tajikistan

- Tonga

- Turkmenistan

- Tuvalu

- Vanuatu

- Yaman (Yemen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper