Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Kebijakan Yang Perlu Diambil Pemerintah Untuk Pelaku Seni Ditengah Pandemi

Perlu ada kebijakan yang mendukung para pelaku seni agar dapat terus hidup dan menghidupi keseniannya.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 07 April 2020  |  06:04 WIB
Wayang golek Betawi. - indonesiakaya.com
Wayang golek Betawi. - indonesiakaya.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak bisa dipungkiri, seni punya peran besar untuk membantu kita bertahan dalam pandemi.

Perlu ada kebijakan yang mendukung para pelaku seni agar dapat terus hidup dan menghidupi keseniannya. Kebijakan apa yang perlu diambil pemerintah agar ekosistem seni bisa bertahan saat ada pandemi? Apa hubungan antara seni dengan ketahanan masyarakat?

Hafez Gumay Koordinator Advokasi Koalisi Seni menuturkan bahwa berdasarkan data Koalisi Seni per 3 April 2020, terdapat 181 acara seni yang ditunda atau dibatalkan akibat COVID-19 yakni 21 proses produksi, rilis, dan festival film, 98 konser, tur, dan festival musik, 1 acara sastra, 18 pameran seni rupa, 9 pertunjukan tari dan 34 pentas teater, pantomim, wayang, boneka, dan dongeng.

Ia menambahkan ada beberapa usulan bagi pemerintah Indonesia untuk menyelamatkan industri seni di Indonesia sebagai berikut : 

1. Dengan adanya program bantuan dana untuk pengganti pendapatan yang hilang bagi seniman dan pekerja seni lainnya

2.Kebijakan yang memudahkan seniman agar tetap dapat memproduksi karya selama krisis. Ini dapat dilakukan dengan memastikan infrastruktur digital dalam kondisi prima agar seniman dapat bekerja secara daring , memudahkan seniman mengakses ruang pertunjukan milik pemerintah maupun swasta untuk kebutuhan produksi (misal, pertunjukan tanpa penonton untuk disiarkan secara daring), memudahkan akses bahan baku produksi karya (misal, diskon harga maupun subsidi ongkos kirim).

3. Kebijakan yang memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses karya seni. Ini dapat dilakukan dengan memastikan infrastruktur digital dalam kondisi prima dan terjangkau agar masyarakat dapat menikmati karya seni melalui internet, menangguhkan atau mengurangi pajak seperti Pajak Hiburan dan Pajak Pertambahan Nilai bagi transaksi karya seni, agar daya beli masyarakat terjaga.

4. Kebijakan guna menekan kerugian yang harus ditanggung seniman akibat pembatalan dan penundaan kegiatan seni, "Kebijakannya dengan menangguhkan atau mengurangi biaya sewa bagi kegiatan seni yang dibatalkan atau ditunda, tidak membatalkan pembayaran program seni yang telah dipersiapkan, memberikan insentif pajak dan retribusi bagi usaha di bidang seni yang terdampak wabah COVID-19," ujarnya melalui siaran resmi yang diterima Bisnis, Senin (6/4/2020).

Di beberapa negara, Dana Abadi kesenian (arts endowment fund) jadi salah satu penyokong ekosistem seni saat dunia dilanda pandemi. Seperti apa praktik baik pendanaan kesenian di dunia? Koalisi Seni mengkaji sistem pendanaan di Brasil, Australia, dan Amerika Serikat, serta merekomendasikan mekanisme dana abadi untuk diterapkan di Indonesia. Kajian ini dituliskan peneliti Annayu Maharani dalam buku Menjaga Nyala: Model Pendanaan bagi Suar Kehidupan Kesenian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni Virus Corona Virus Corona kesenian
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top