Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Malaysia Rilis Stimulus II, Tenaga Medis Dapat Tunjangan Khusus

Malaysia memberikan perhatian khusus kepada Kementerian Kesehatan dengan stimulus sebesar 500 juta ringgit.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  19:58 WIB
Warga menggunakan masker menyeberang jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg - Samsul Said
Warga menggunakan masker menyeberang jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg - Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia akhirnya mengucurkan paket stimulus kedua untuk meredam gejolak ekonomi akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Paket stimulus itu diumumkan Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin, Jumat (23/7/2020).  Melalui paket kebijakan stimulus ekonomi yang disebut 'Paket Prihatin' itu pemerintah Malaysia mengucurkan 250 miliar ringgit atau senilai US$58 miliar (sekitarRp929,5 triliun dengan kurs Rp3.178 per ringgit Malaysia.

PM Muhyiddin dalam pidatonya di televisi menyatakan akan mengeluarkan kebijakan yang komprehensif dan berorientasi kepada masyarakat

“Pemerintah akan  melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa semua masyarakat mendapatkan manfaat,” katanya.

Paket kedua ini meliputi 128 miliar ringgit Malaysia untuk kesejahteraan masyarakat, 100 miliar ringgit Malaysia untuk dukungan terhadap sektor bisnis, dan 2 miliar ringgit Malaysia untuk memperkuat ekonomi nasional.

Melalui dana yang digelontorkan itu, pemerintah Malaysia memberikan perhatian khusus kepada Kementerian Kesehatan. Stimulus sebesar 500 juta ringgit Malaysia diberikan kepada kementerian tersebut.

Dana itu lebih lanjut akan disalurkan kepada para tenaga kerja di bidang kesehatan.

"Tunjangan bulanan khusus sebesar 400 - 600 ringgit untuk dokter, perawat dan petugas kesehatan mulai 1 April hingga akhir pandemi," demikian keterangan resmi yang diterima Bisnis.

Di samping itu, tunjangan prioritas diberikan kepada petugas garis depan (front liner) seperti polisi, imigrasi dan bea cukai sebesar 200 ringgit Malaysia.

Adapun, stimulus ini merupakan paket kedua setelah sebelumnya mengucurkan stimulus 20 miliar ringgit Malaysia

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia stimulus Virus Corona
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top