Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengapa China Bantu Indonesia Hadapi Corona?

China menjadi negara yang paling menonjol dalam membantu Indonesia menangani Corona. Ada motif apa?
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  08:48 WIB
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke Pesawat Hercules C-130 milik TNI-AU yang baru mendarat di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020). Pemerintah mendatangkan 9 ton peralatan medis dari Shanghai, China untuk mengatasi penyebaran virus corona (covid-19) di Indonesia, yang dibawa menggunakan pesawat Hercules C-310. Bisnis - Arief Hermawan P
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan ke Pesawat Hercules C-130 milik TNI-AU yang baru mendarat di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020). Pemerintah mendatangkan 9 ton peralatan medis dari Shanghai, China untuk mengatasi penyebaran virus corona (covid-19) di Indonesia, yang dibawa menggunakan pesawat Hercules C-310. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - China menjadi negara yang paling menonjol dalam membantu Indonesia menangani ancaman virus Corona.

Paket bantuan dari pemerintah China bagi Indonesia pun terus mengalir.

Pernyataan resmi Kedutaan Besar China untuk Indonesia menyatkan bahwa bantuan peralatan medis untuk pencegahan dan pengendalian Covid-19 dari pemerintah Tiongkok kepada pemerintah Indonesia telah diberangkatkan dari Shanghai, China, pada Selasa (24/3/2020).

Pasokan medis ini terdiri dari alat tes Corona, masker N95, masker bedah, baju pelindung dan ventilator portabel.

"Pemerintah daerah, perusahaan dan perorangan Tiongkok juga sedang aktif bertindak memberikan dukungan kepada masyarakat Indonesia," ungkap pernyataan resmi yang diunggah di Facebook tersebut, Selasa (24/3/2020).

Di antara individu China yang memberikan bantuan untuk Indonesia terdapat nama taipan Jack Ma. Meski tak hanya membantu Indonesia, bantuan Jack Ma menjadi terasa istimewa.

Lantas apa alasan China membantu Indonesia menghadapi ancaman Corona? 

Apakah karena China menganggap Indonesia adalah tetangga, juga mitra dan teman yang baik. Apakah karena rakyat kedua negara memiliki tradisi untuk saling membantu dan mendukung?

"Kami sangat yakin bahwa di bawah kepemimpinan kuat Presiden Jokowi, pemerintah dan rakyat Indonesia akan mengatasi wabah dengan sesegera mungkin," ungkap Kedutaan Besar China untuk Indonesia.

Disebutkan bahwa sejak berjangkitnya wabah Covid-19, pemerintah dan berbagai kalangan masyarakat Indonesia telah mendukung China melalui berbagai cara untuk memerangi wabah.

"Pemerintah dan rakyat China sangat berterima kasih atas hal ini," ujar Kedubes China.

Disebutkan pula bahwa saat ini Indonesia sedang menderita wabah Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah dan rakyat China memiliki perasaan yang sama dengan apa yang dialami rakyat Indonesia.

Sebelumnya, Senin (23/3/2020), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima 12 ton alat kesehatan atau alkes bantuan dari Pemerintah China.

Bantuan itu diangkut Pesawat Hercules C-130 milik TNI-AU dari China dan diserahkan oleh Prabowo kepada tim medis di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Yang dibawa Hercules 15 ribu [kit test]," ujar juru bicara pemerintah untuk penanggulangan Virus Corona, Achmad Yurianto, lewat pesan singkat, Senin (23/3/2020).

Pada hari yang sama, 800 ribu alat tes virus Corona dari Cina juga tiba. Dikutip dari Xinhuanet, alat tes Corona tersebut dibawa ke Indonesia menggunakan Xiamen Airlines.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Virus Corona
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top