Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bendung Dampak Corona, Jerman Pinjam Dana US$370 miliar

Sebanyak 150 miliar euro akan diperuntukkan penananganan wabah. Sementara itu, dana penyelamatan dan pendanaan korporasi dapat mencapai 200 miliar euro.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  09:53 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Jerman akan mengajukan total pinjaman sebesar 350 miliar euro atau US$370 miliar untuk mengatasi dampak pandemi virus corona.

Sebanyak 150 miliar euro akan diperuntukkan penananganan wabah. Sementara itu, dana penyelamatan dan pendanaan korporasi dapat mencapai 200 miliar euro.

Wakil Menteri Keuangan Joerg Kukies mengatakan besaran final pinjaman dana penyelamatan tergantung pada berapa banyak perusahaan yang meminta bantuan pemerintah.

"Sejauh mana pinjaman aktual pemerintah federal di bawah dana penyelamatan saat ini tidak dapat diperkirakan, karena ini tergantung pada sejauh mana perusahaan akan menggunakan dana penyelamatan. Bisa juga jauh lebih rendah," kata Kukies, dilansir Bloomberg, Senin (23/3/2020).

Utang sebesar 150 miliar euro adalah bagian dari anggaran tambahan yang diharapkan di setujui pemerintah hari ini. Usulan itu akan dibahas di Majelis Rendah Parlemen Jerman Rabu pekan ini dan akan dinaikkan ke Majelis Tinggi pada Jumat.

Ketika implikasi pandemi terhadap ekonomi menjadi jelas, koalisi Pemerintah Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan komitmen lama untuk menyeimbangkan anggaran dan menggunakan kekuatan darurat untuk menunda aturan yang membatasi pinjaman yang diabadikan dalam konstitusi. Menurut perkiraan Kementerian Keuangan, ekonomi bisa menyusut setidaknya 5 persen.

Adapun, upaya untuk menopang perekonomian terbesar di Eropa itu termasuk langkah-langkah seperti bantuan langsung kepada perusahaan dan berpenghasilan rendah serta dana penyelamatan untuk menyelamatkan bisnis yang terkena virus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman pinjaman Virus Corona

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top