Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sultan Tetapkan DIY Tanggap Darurat Corona, Berlaku hingga Libur Lebaran 29 Mei

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menetapkan tanggap darurat bencana Covid-19 di DIY melalui Keputus Gubernur Nomor 65/KEP/2020. Surat yang ditandatangani Sultan pada Jumat (20/3/2020) itu menyatakan status itu berlaku sejak 20 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020 mendatang.
Sunartono
Sunartono - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  22:07 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (kanan) saat meninjau laboratorium virologi, BBTKLPP Yogyakarta di Jalan Imogiri Timur Km. 8 Baturetno, Banguntapan, Bantul, Rabu (18/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (kanan) saat meninjau laboratorium virologi, BBTKLPP Yogyakarta di Jalan Imogiri Timur Km. 8 Baturetno, Banguntapan, Bantul, Rabu (18/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.

Bisnis.com, JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan HB X menetapkan tanggap darurat bencana Corona atau Covid-19 di DIY melalui Keputus Gubernur Nomor 65/KEP/2020. Surat yang ditandatangani Sultan pada Jumat (20/3/2020) itu menyatakan status itu berlaku sejak 20 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Dalam keputusan tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X memutuskan dalam diktum kesatu bahwa tanggap darurat bencana Covid-19 mulai 20 Maret hingga 29 Mei 2020 mendatang. Pada diktum kedua status tanggap darurat itu bisa diperpanjang sesuai dengan kondisi dan perkembangan yang terjadi.

Diktum ketiga menugaskan kepada Wakil Gubernur DIY, dalam hal ini KGPAA Paku Alam X untuk mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah, menangani dampak buruk yang ditimbulkan akibat Covid-19. Langkah itu meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi, isolasi, perlindungan, pengurusan, serta pemulihan korban Covid-19 di DIY.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyatakan dengan diterbitkan keputusan Gubernur DIY tentang tanggap darurat tersebut sebagai bukti bahwa DIY serius menangani persoalan Covid-19. Sehingga ke depan harus memanfaatkan sumber daya dan partisipasi masyarakat dan pemerintah.

“Maka kita serius, bahkan formalitasnya, Bapak Gubernur menyatakan bahwa DIY tanggap darurat. Karena dengan tanggap darurat itu seluruh sumber daya yang ada, termasuk partisipasi masyarakat dan pemerintah bisa kita kerahkan bersama,” katanya, Jumat (20/3/2020).

Aji menegaskan dengan keputusan tersebut akan memudahkan untuk penanganan lebih lanjut berbagai kebutuhan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Mulai dari ketersediaan ruang isolasi dan berbagai alat pelindung diri.

“Nanti kalau kesulitan alat, ruang isolasi dengan status itu Bapak Gubernur lebih mudah untuk bisa mengerahkan sumber daya,” ujarnya.

Penggunaan dana tak terduga itu telah melalui persetujuan dengan DPRD DIY. Melalui keputusan ini, bupati dan wali kota di DIY juga diminta segera menindaklanjuti penetapan status tanggap darurat tersebut.

“Bisa prinsipnya kan teman di DPRD DIY sepakat, eksekutif sepakat kita punya tak terduga bisa dimanfaatkan. Bupati wali kota akan menindaklanjuti dengan status di masing-masing kabupaten dan kota,” katanya.

Keputusan tanggap darurat Corona itu tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 65/KEP/2020 tentang status tanggap darurat bencana COVID19 di DIY.

Berikut isi lengkap surat keputusan tersebut:

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur DIY Nomor 65/KEP/2020 tentang status tanggap darurat bencana COVID19 di DIY, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menetapkan beberapa hal berikut ini:
1. Menyatakan bahwa status tanggap darurat bencana COVID-19 di DIY ditetapkan mulai tanggal 20 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020
2. Status tanggap darurat bencana pada poin satu dapat diperpanjang sesuai dengan perkembangan situasi yang terjadi
3. Menugaskan kepada Wakil Gubernur DIY untuk mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan untuk mencegah dan menangani dampak buruk yang ditimbulkan antara lain meliputi:
Kegiatan penyelamatan dan evakuasi, isolasi, perlindungan, pengurusan, penyelamatan, serta pemulihan korban COVID19 di DIY
4. Keputusan ini mulai berlaku dari tanggal ditetapkan

Semoga dapat menjadi perhatian dari sederek semua.

#bersamamelawanvirus
#LawanCOVID19
#COVID19

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diy Virus Corona sri sultan hamengkubuwono covid-19

Sumber : harianjogja.com

Editor : Sutarno
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top