Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenlu: Banyak Negara Lockdown, Pelancong WNI Diimbau Segera Pulang

Kebijakan ini ditujukan kepada turis atau pelancong dan WNI yang melakukan perjalanan bisnis jangka pendek, bukan bagi diaspora atau tenaga kerja asing di luar negeri.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  15:39 WIB
Suasana jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg - Samsul Said
Suasana jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg - Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri mengimbau warga negara Indonesia yang sedang melancong ke luar negeri agar segera pulang ke Tanah Air lantaran banyak negara terapkan lockdown

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Jubir Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah dalam press briefing melalui video conference, Kamis (19/3).

Dia mengatakan kebijakan ini ditujukan kepada turis atau pelancong dan WNI yang melakukan perjalanan bisnis jangka pendek, bukan bagi diaspora atau tenaga kerja asing di luar negeri.

“WNI yang sedang bepergian ke luar negeri, kami himbau mempercepat kepulangannya ke Tanah Air. Ini karena banyak negara yang menerapkan lockdown. Kami khawatir masyarakat kita baik wisatawan dan bisnis akan terlambat kepulangannya ke Tanah Air,” tuturnya.

Adapun bagi WNI yang berstatus diaspora, buruh migran, dan mahasiswa diimbau agar tetap mengindahkan peraturan negara setempat dan tidak merasakan pulang kecuali ada keperlua darurat.

Berdasarkan pantauan Bisnis, beberapa negara yang sudah menerapkan lockdown di antaranya adalah China, Italia, Spanyol, Australia, Perancis, Filipina, Malaysia, Denmark, Selandia Baru, Belanda.

“Australia per besok [lockdown]. Dengan demikian memang ada potensi WNI kita mengalami lockdown. Kalau mereka yang bepergian ada baiknya coba mengurusnya melalui travel agent sehingga bisa difasilitasi kepulangannya,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu Virus Corona lockdown
Editor : Hadijah Alaydrus
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top