Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BNPB Siapkan Laman Resmi untuk Rilis Data Terkait Corona

BNPB akan menyiapkan laman resmi serta sejumlah fasilitas untuk keperluan merilis data terkait penanganan virus corona atau Covid-19.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  22:20 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memukul gong saat pembukaan kegiatan seminar kebencanaan di Jakarta, Senin (24/2/2020) - Antara.
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo memukul gong saat pembukaan kegiatan seminar kebencanaan di Jakarta, Senin (24/2/2020) - Antara.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana tengah menyiapkan laman resmi serta sejumlah fasilitas untuk keperluan merilis data terkait penanganan virus corona atau Covid-19.

"Jadi semuanya dipusatkan di sini [BNPB] dan sudah mulai diaktifkan poskonya," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Selain menyiapkan fasilitas, Agus menyatakan akan disediakan juga pakar dan sejumlah organisasi terkait percepatan penanganan Covid-19 di Tanah Air.

Terkait organisasi-organisasi yang disiapkan BNPB, dia mengatakan nantinya terdapat gugus tugas dimana di dalamnya ada komandan serta wakil komandan.

Menurutnya, sesuai instruksi Presiden terkait gugus tugas dalam kebencanaan, kepala daerah secara otomatis akan menjadi komandan dan kemudian di bawahnya minimal ada dua wakil komandan.

"Nanti wakil komandannya ada dua dari pihak TNI dan Polri. Kemudian di bawahnya juga ada sub-sub gugus lain," ujarnya.

Agus mengungkapkan setidaknya ada empat sub gugus yang harus dipenuhi yakni pencegahan, respon, pemulihan serta pakar. Dia menyatakan dibutuhkan bantuan pihak-pihak terkait lainnya agar penanganan virus corona dapat terlaksana lebih cepat.

Secara umum, imbuhnya, saat ini ada Keputusan Presiden (Keppres) nomor 7 tahun 2020 yang di dalamnya terdapat gugus tugas percepatan penanganan bencana COVID-19 dengan BNPB sebagai koordinatornya.

Dalam Keppres itu juga ada klausul untuk memerintahkan setiap kepala daerah baik itu gubernur, walikota ataupun bupati dalam menetapkan status keadaan darurat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Virus Corona covid-19

Sumber : Antara

Editor : Fitri Sartina Dewi
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top