Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

RS Swasta Ikut Tangani Covid-19

Pemerintah telah menyiapkan 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit Polri, dan 65 rumah sakit pelat merah. Harapannya seluruh fasilitas kesehatan tersebut mampu menangani pengendalian penyebara Covid-19 di Tanah Air.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 17 Maret 2020  |  19:03 WIB
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan di Jakarta Timur. Foto: Google Maps April 2019
Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan di Jakarta Timur. Foto: Google Maps April 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memperkirakan jumlah pasien Covid-19 akan terus meningkat. Beberapa rumah sakit swasta pun mulai berpartisipasi menangani virus yang telah menjadi pandemi tersebut.

“Beberapa rumah sakit swasta juga berpartisipasi,” katanya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Selain itu, pemerintah telah menyiapkan 109 rumah sakit milik TNI, 53 rumah sakit Polri, dan 65 rumah sakit pelat merah. Harapannya seluruh fasilitas kesehatan tersebut mampu menangani pengendalian penyebara Covid-19 di Tanah Air.

“Salah satunya [milik BUMN], RS Pertamina Jaya, dedikasikan seluruh bed untuk kasus Covid,” kata Yuri.

RS Pertamina Jaya atau RSPJ merupakan salah satu rumah sakit BUMN di bawah grup IHC (Indonesia Healthcare Corporation). Layanan terkait Covid-19 diberikan kepada orang dalam pemantauan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) yang memerlukan isolasi di ruang bertekanan negatif rumah sakit.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa rumah sakit pelat merah memiliki kapasitas 221 pasien. Sebanyak 155 tempat tidur berada di ruang perawatan khusus dan 66 lainnya dapat dijadikan ruang observasi.

Adapun pemerintah Indonesia mengklaim telah memeriksa lebih dari 2.300 spesimen terkait Covid-19, Selasa (17/3/2020). Jumlah ini bertambah signifikan dibandingkan dengan dua hari terakhir atau setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif, yakni 1.138 spesimen.

Dari total pemeriksaan spesimen tersebut, beberapa telah diketahui hasilnya. Per Selasa (17/3/2020), Kementerian Kesehatan mencatat 38 pasien baru, sehingga total menjadi 172 orang.

Sementara itu 5 orang dari total pasien tercatat telah meninggal dunia. Namun pasien yang berhasil sembuh juga bertambah, menjadi 9 orang.

Dengan situasi terbaru itu, rasio kematian Covid-19 di Indonesia pun turun menjadi 2,9% dari sebelumnya sekitar 4%. Sementara itu rasio kesembuhan saat ini sebesar 5,2%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN rumah sakit Virus Corona
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top