Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FKUI Peringkat 1 Bidang Studi Kedokteran Secara Nasional, Nomor 251 di Dunia

FKUI menempati peringkat 251-300 dunia dan peringkat 1 di Indonesia. Hal ini sangat membanggakan karena FK UI telah mampu mempertahankan peringkat nasional tersebut selama dua tahun berturut-turut.
Kampus Universitas Indonesia (UI)./Istimewa
Kampus Universitas Indonesia (UI)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil meraih peringkat pertama dalam kategori bidang studi Kedokteran di Indonesia tahun 2020. Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, The Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject.

FKUI menempati peringkat 251-300 dunia dan peringkat 1 di Indonesia. FK UI telah mampu mempertahankan peringkat nasional tersebut selama dua tahun berturut-turut.

Masuknya FKUI ke dalam peringkat 251-300 dunia, menempatkan fakultas kedokteran tertua di Indonesia ini setara dengan fakultas kedokteran dari universitas bergengsi lainnya seperti Kobe University di Jepang, Wuhan University di Tiongkok, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), dan Universitas Sains Malaysia (USM).

Pemeringkatan QS World University Rankings by Subject didasari atas penilaian terhadap sitasi, produktivitas, dampak penelitian (h-index), dan hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi.

Hasil pemeringkatan ini pun menjadi bukti bahwa FKUI dinilai memiliki kinerja yang sangat baik dalam bidang pendidikan dan penelitian. FKUI meraih nilai 59.3 untuk komponen penilaian reputasi akademik, 66.2 untuk sitasi per karya ilmiah, 67.6 untuk sitasi H-indeks, dan 64.5 untuk reputasi akademik.

Pencapaian ini melengkapi prestasi lain yang diraih oleh FKUI selama kurun waktu satu tahun terakhir. Selama periode tersebut, FKUI telah berhasil menghasilkan 19 Guru Besar yang mana pencapaian tersebut menjadikan fakultas dengan penambahan Guru Besar terbanyak dalam waktu 1 tahun di Indonesia. FKUI juga senantiasa aktif dalam mengadakan berbagai kegiatan tridarma perguruan tinggi dalam 1-2 tahun terakhir seperti symposium, seminar awam melalui program Info Sehat FKUI, dan program Kampus serta Komunitas Sehat.

Di tingkat universitas pada pemeringkatan QS World University Rankings by Subject 2020, Universitas Indonesia berhasil mencatatkan 12 program studinya dalam jajaran pemeringkatan dunia. Kedua belas program studi tersebut dikelompokkan menjadi rumpun ilmu atau broad subject area, yaitu Social Sciences & Management dengan peringkat 203 dunia, Life Science & Medicine dengan peringkat 451-500 dunia, Arts & Humanities dengan peringkat 286 dunia dan Engineering & Technology dengan peringkat 295 dunia.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro menjelaskan bahwa UI memiliki keunggulan dalam menyelenggarakan program pendidikan berbagai rumpun ilmu yang tidak dibatasi oleh perbedaan bidang ilmu. Pencapaian tersebut menunjukkan bahwa UI merupakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang berhasil direkognisi dunia dan masuk dalam jajaran Perguruan Tinggi unggul di antara 1,368 institusi dari 83 negara.

“Kita ingin capaian ini dikembangkan sehingga memicu lahirnya terobosan-terobosan invensi, dan berbagai inovasi kreatif yang bermanfaat bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Terdapat 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk pemeringkatan dunia namun sebagai satu kesatuan perguruan tinggi UI meyakini bahwa setiap program studi yang diselenggarakan adalah unggul dan memiliki kualitas terbaik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tuturnya dilansir dari laman resmi fk.ui.ac.id, Kamis (12/3/2020).

The QS World University Rankings by Subject setiap tahun melakukan pemeringkatan perguruan tinggi di dunia. Pemeringkatan ini dapat membantu masyarakat untuk mengenali perguruan tinggi terkemuka pada rumpun atau bidang ilmu tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper