Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dibuka Lowongan Relawan dan Organisasi Penggerak untuk Pacu Kualitas Guru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka lowongan untuk relawan Program Organisasi Penggerak mulai 2 Maret  hingga 16 April 2020 melalui laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka lowongan untuk relawan Program Organisasi Penggerak mulai 2 Maret  hingga 16 April 2020 melalui laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id. Proposal pengajuan program dibuka mulai tanggal 16 Maret hingga 16 April 2020 dan akan diseleksi melalui berbagai proses.

Proses seleksi tersebut terdiri dari identifikasi kelayakan berupa tinjauan dokumen yang diajukan, evaluasi teknis dan keuangan oleh tim independen untuk menjamin tidak ada intervensi dari pihak dalam dan luar Kemendikbud, serta verifikasi dengan mengunjungi ke organisasi penggerak yang terpilih. Pengumuman hasil verifikasi proposal akan dilakukan paling lambat 8 Juni 2020 melalui laman Organisasi Penggerak dan surat elektronik.

“Program Organisasi Penggerak adalah program pemberdayaan masyarakat yang melibatkan organisasi secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa,” terang Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Supriano, saat memberi keterangan pers di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Supriano mengatakan banyak upaya Program Organisasi Penggerak telah dilakukan secara mandiri oleh organisasi masyarakat di bidang pendidikan. Namun, ia menggarisbawahi sekarang pemerintah melibatkan organisasi masyarakat itu untuk bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Kita ingin menanggkap hasil terbaik dari koloborasi ini,” ujarnya.

Nantinya, ia mengimbuhkan, organisasi yang berpartisipasi bakal dikelompokkan menjadi tiga kategori. Pertama, kategori Gajah adalah organisasi yang Sudah berjalan tiga tahun, memiliki output yang bagus dan berkesempatan untuk bekerja sama dengan 100-200 sekolah. kedua, Kategori macan, sudah memiliki model dan berjalan tetapi belum memiliki output. Terakhir, kategori kijang memiliki ide yang bagus, implementasi yang baik, namun skalanya kecil.

“Jangka waktu implementasi dua tahun (2020-2022),”jelasnya.

Pelaksanaan Program Organisasi Penggerak pada tahap awal mencakup sekolah pada satuan pendidikan PAUD, SD, dan SMP yang berpartisipasi dalam proyek rintisan. Program berlangsung di kabupaten/kota yang sudah diidentifikasi oleh Organisasi Penggerak dalam koordinasi Dinas Pendidikan dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan.

Fase pertama program akan dilaksanakan dari tahun 2020 hingga 2022. Pada periode ini, Program Organisasi Penggerak akan meningkatkan kompetensi 50.000 guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di 5.000 PAUD, SD, SMP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper