Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hadapi Virus Corona, Jamaah Sedang Batuk Diimbau Salat di Rumah Saja

Dewan Masjid Indonesia menyampaikan sejumlah imbauan terkait kasus virus Corona. Di antaranya, Jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/selesma agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  17:33 WIB
Ilustrasi-Jamaah sedang melaksanakan salat di Masjid yang berada di dalam tambang PT Freeport - Istimewa
Ilustrasi-Jamaah sedang melaksanakan salat di Masjid yang berada di dalam tambang PT Freeport - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menanggapi kasus virus Corona di Indonesia, Dewan Masjid Indonesia mengimbau dilaksanakannya program siaga sanitasi di masjid-masjid dan musala di Indonesia.

Imbauan Siaga Sanitasi dari Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia itu ditujukan kepada Pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting Dewan Masjid Indonesia.

Di antara program Siaga Sanitasi tersebut terdapat imbauan kepada para jamaah masjid atau musala yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/selesma agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh.

Imbauan Siaga Sanitasi yang ditandatangani Ketua Umum PP DMI H. M. Jusuf Kalla dan Sekjen PP DMI Imam Addaruqutni, bertanggal 2 Maret 2020, selengkapnya berbunyi sebagai berikut:

Sehubungan dengan dampak wabah virus Corona (Covid-19), maka Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesi mengimbau seluruh jajaran pimpinan Wilayah, Daerah, Cabang, dan Ranting untuk melakukan langkah Sanitasi Siaga bersama DKM dan Takmir Masjid/Mushalla, sebagai berikut:

  1.  Teratur menjaga kebersihan lantai masjid/musala dengan cairan disinfektan
  2. Menjaga kebersihan karpet dan alas salat lainnya dengan rutin/konstan (Penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan)
  3. Menjaga kebersihan tempat wudu dan toilet dengan cairan disinfektan
  4. Mengimbau para jamaah salat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing
  5. Meminta para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/selesma agar melaksanakan salat di rumah hingga sembuh
  6. Ikut mengawasi penyebaran/penularan virus Corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus Corona, khususnya di sekitar masjid/musala.

Adapun imbauan asli soal gerakan Siaga Sanitasi adalah sebagai berikut:

Indonesia memiliki jumlah masjid dan musala terbanyak di dunia. Seperti disampaikan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla jumlah masjid dan musala di Indonesia mencapai 800.000.

"Alhamdulillah, setiap 220 orang di suatu daerah pasti ada masjid," kata Jusuf Kalla saat menjadi pembicara Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkalpinang, Kamis (27/2/2020) seperti dikutip Antara.

JK mengatakan jumlah masjid di Indonesia mengalami peningkatan, karena hari libur yang bertambah. "Dulu hari libur hanya Minggu dan sekarang Sabtu dan Minggu, sehingga jam kerja pada Jumat lebih panjang," ujar JK.

Menurut JK dengan bertambahnya jam kerja pada Jumat, maka setiap sekolah dan perkantoran membangun masjid dan mushola untuk beribadah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Dewan Masjid Indonesia

Sumber : DMI

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top