Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenag dan BPKH Jalin Kerja Sama Pelaksanaan Haji

Untuk meningkatkan pelayanan kepada para jemaah, Kementerian Agama dan BPKH menjalin kerja sama. Tujuan kerja sama ini agar jemaah lebih fokus pada ibadah yang semestinya didapatkan jemaah.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  20:37 WIB
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Calon Jamaah Umrah menunggu kepastian untuk berangkat ke Tanah Suci Mekah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengelola Keuangan Haji di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu (4/2/2020). Kerja sama tersebut untuk mempermudah koordinasi antarkedua lembaga terkait pelaksanaan haji.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Menteri Agama Fachrul Razi dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu. Penandatanganan itu dilakukan sebagai bentuk kesepakatan koordinasi terhadap tugas dan fungsi kedua lembaga.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan bentuk kerja sama kedua pihak telah berlangsung sejak lama dan terus berjalan. Namun, beberapa kali kesepakatan yang dihasilkan tidak begitu tajam.

"Kami ingin ke depan akan lebih konseptual begitu ya. Jadi nanti setelah kesepakatan ini akan kami bentuk beberapa kelompok kerja untuk mempertajam masing-masing bidang itu. Mudah-mudahan ke depan akan lebih baik," katanya di Kemenag RI, Jakarta, Rabu (4/3/2020).

Selain itu lanjutnya, kedua pihak akan berkonsentrasi pada peningkatan pelayanan kepada para jemaah. Dia menyebut tujuan kerja sama ini agar jemaah lebih fokus pada ibadah yang semestinya didapatkan jemaah.

Adapun pelaksanaan haji tiap tahun diklaim mengalami peningkatan. Kemenag juga terus melakukan evaluasi saban usai musim haji. "Selalu kita evaluasi lagi apa yang perlu kita lakukan apa evaluasi yang perlu kita lakukan. Jadi haji ini adalah sebuah kegiatan yang tidak pernah lepas tidak pernah berhenti dengan inovasi dan evaluasi," ujarnya.

Dalam kesepakatan itu, kedua pihak menyepakati kerja sama berdurasi selama 5 tahun. Salah satu pihak dapat memutuskan atau tidak melanjutkan kerja sama sebelum masa kesepakatan berakhir.

Tahapan pelaksanaan ibadah haji rencananya akan berlangsung mulai 25 Juni hingga 5 September 2020. Tahun ini pemerintah akan memberangkatkan sekitar 231.000 jemaah guna melaksanakan ibadah ke Mekkah - Madinah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian agama jemaah haji info haji
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top