Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stimulus Corona, Malaysia Gelontorkan US$4,8 Miliar

Pemerintah Malaysia akhirnya mengumumkan stimulus ekonomi sebesar 20 miliar ringgit atau US$4,8 miliar untuk menyokong bisnis yang terdampak virus Corona, terutama industri pariwisata.
Mahathir Mohamad./Bloomberg-Samsul Said
Mahathir Mohamad./Bloomberg-Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia akhirnya mengumumkan stimulus ekonomi sebesar 20 miliar ringgit atau US$4,8 miliar untuk menyokong bisnis yang terdampak virus Corona, terutama industri pariwisata.

Seperti dilansir Bloomberg, Perdana Menteri Sementara Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan produk domestik bruto saat ini diperkirakan akan tumbuh 3,2 persen hingga 4,2 persen tahun ini, turun dari perkiraan sebelumnya 4,8 persen.

Dampak dari virus ini mendatangkan malapetaka pada mobilitas dan rantai pasokan di seluruh Asia. Mahathir mengatakan pemerintah memperluas target defisit fiskal menjadi 3,4 persen dari PDB tahun ini dari sebelumnya 3,2 persen, yang telah dinaikkan dari target awal 3 persen.

Stimulus Malaysia ini mengikuti langkah-langkah fiskal yang diambil dalam beberapa minggu terakhir oleh Indonesia, Singapura dan Hong Kong untuk melawan dampak ekonomi dari virus tersebut. Indonesia akan memberikan insentif dan keringanan pajak untuk bisnis dalam paket senilai Rp10,3 triliun.


"Meskipun efek Covid-19 saat ini terkendali, penyakit ini telah menyebabkan dampak besar pada ekonomi global, termasuk Malaysia. Oleh karena itu, pemerintah memperkenalkan paket stimulus ekonomi 2020 untuk memastikan risiko terkait wabah dapat ditangani secara efektif," kata Mahathir seperti dilansir The Star, Kamis (27/2/2020).

Winson Phoon, kepala penelitian pendapatan tetap di Maybank Kim Eng Securities Ltd. di Singapura berpendapat menurunkan target pertumbuhan adalah langkah yang masuk akal mengingat adanya risiko penurunan secara regional dan global.

"Pelebaran defisit fiskal dari 3,2 persen menjadi 3,4 persen dapat ditoleransi. Ini berarti peningkatan 3 miliar ringgit dalam kebutuhan pendanaan pemerintah. Dengan asumsi itu akan sepenuhnya didanai dengan mengumpulkan dana dari obligasi ringgit," katanya.

Paket yang diumumkan Mahathir hari ini termasuk dana dan langkah-langkah untuk memudahkan arus kas bagi industri yang terkena dampak, perpanjangan 6 bulan pembayaran pajak untuk bisnis pariwisata, pekerja medis dan pekerja imigrasi, pengurangan kontribusi dana pensiun minimum, dan dana untuk peningkatan dan perbaikan infrastruktur.

Sementara itu, bank sentral telah memotong suku bunga acuannya sekali pada tahun ini sebesar 25 basis poin, dan telah mengisyaratkan ruang untuk pelonggaran kebijakan lebih lanjut. Bank sentral dijadwalkan untuk membuat keputusan suku bunga berikutnya pada 3 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper