Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemlu Jadi Teman Curhat Tiga WNI yang Gagal Dievakuasi Dari China

Kementerian Luar Negeri memastikan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang gagal dievakuasi dari China ke Kabupaten Natuna dalam kondisi sehat.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  13:26 WIB
Dua orang petugas medis menyemprotkan disinfektan pada pusat observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (12/2/2020). ANTARA FOTO - PUSPEN TNI
Dua orang petugas medis menyemprotkan disinfektan pada pusat observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (12/2/2020). ANTARA FOTO - PUSPEN TNI

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri memastikan tiga warga negara Indonesia (WNI) yang gagal dievakuasi dari China ke Kabupaten Natuna dalam kondisi sehat. Kemlu bahkan menjadi teman curhan ketiga mahasiswa itu.

Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan Kedutaan Besar RI di Beijing terus menjalin komunikasi dengan ketiganya dan memberi bantuan logistik.

“Kemlu juga beri layanan konseling psikologis via wechat call untuk para mahasiswa tersebut sebagai teman bicara dan teman curhat,” katanya melalui pesan singkat kepada Bisnis, Jumat (14/2/2020).

Sejauh ini berdasarkan data KBRI di Beijing, setidaknya tercatat 1.821 warga negara Indonesia berada di China. Pemerintah terus memantau perkembangan para WNI di negara itu.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan gagalnya pemulangan tiga WNI tersebut tidak mengindikasikan mereka dalam keadaan berpotensi terjangkit corona.

"Tetapi pada saat mereka akan berangkat kan dilakukan pengetesan. Orang kan bisa saja karena capek atau apa sehingga suhu tubuh menjadi lebih [tinggi]," katanya di Kantor Wakil Presiden, Kamis (13/2/2020).

Dia menuturkan bahwa saat ini episentrum wabah Corona di Provinsi Hubei China mulai stabil. Pemerintah berharap kondisi ini lekas membaik. Di sisi lain, Kemenlu terus menjalin komunikasi dengan KBRI.

“Misalnya yang di Hongkong kemarin kita juga membantu membagi masker dan sebagainya,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top