Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wapres Minta Masyarakat Tak Panik Pemulangan WNI Akibat Corona

Pemerintah telah memutuskan untuk memulangkan WNI yang kini dikarantina di Kabupaten Natuna. Wapres Ma'aruf Amin meminta masyarakat luas tak panik. Karena keputusan memulangkan mereka telah berdasar kan ketentuan WHO.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  20:59 WIB
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China mengambil makan di pusat observasi di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (12/2/2020). ANTARA FOTO - PUSPEN TNI
Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, China mengambil makan di pusat observasi di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (12/2/2020). ANTARA FOTO - PUSPEN TNI

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma`ruf Amin memastikan 238 warga negara Indonesia (WNI) di Natuna hingga kini tidak terpapar wabah virus Corona (covid-19). Dia meminta masyarakat tak khawatir jelang dipulangkannya mereka ke wilayah masing-masing pada 15 Februari mendatang.

Dia menuturkan berdasarkan penjelasan Menteri Kesehatan Terawan Agus, hingga kini mereka tidak terjangkit atau tertular virus corona. “Artinya setelah 14 hari dianggap sudah tidak terpapar atau terjangkit virus itu. Ini memang harus dipahami oleh masyarakat supaya masyarakat tidak ada ketakutan untuk menerima mereka ditengah-tengah masyarakat,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Dia menuturkan, apabila selama masa observasi 14 hari tidak melihat tanda-tanda terjangkit virus, maka mereka dinyatakan sehat. Kesimpulan itu juga telah disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Ini kan masalah kesepakatan dan dunia bahwasanya kalau sudah 14 hari sudah tidak terjangkit berarti sudah aman. Kita harapkan masyarakat bisa memahami itu,” tuturnya.

Adapun, masa observasi 238 WNI terkait virus Corona di Kabupaten Natuna Kepulauan Riau, akan berakhir Sabtu (15/2/2020) siang. Mereka rencananya dipulangkan ke daerah masing-masing melalui Jakarta pada hari yang sama.

"Sudah diputuskan observasi diakhiri 15 Februari, hari Sabtu pada pukul 12.00," ujar Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto kepada awak media melalui sambungan telepon dari Natuna, Kamis (13/2/2020).

Achmad Yurianto mengatakan pada Sabtu pagi akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terakhir dan setelahnya mereka dipersiapkan untuk kembali ke Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

virus corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top