Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gus Miftah Bandingkan Eks Kombatan ISIS dengan WNI yang Dikarantina karena Virus Corona

Konon katanya menteri agama akan memulangkan anggota ISIS ke Indonesia.
Gus Miftah/Instagram @gusmiftah
Gus Miftah/Instagram @gusmiftah

Bisnis.com, JAKARTA - Gus Miftah tidak sependapat dengan Menteri Agama Fachrul Razi yang berencana memulangkan mantan anggota ISIS keI ndonesia. Ia pun heran apa yang melatarbelakangi pemulangan mantan anggota ISIS tersebut.

"Konon katanya menteri agama akan memulangkan anggota ISIS ke Indonesia. Kok saya gagal paham ya, Pak Menteri ya, dulu kawan-kawan kita bercadar, jenggot, cingkrang yang belum tentu terpapar radikal itu dicurigai," kata Gus Miftah dalam rekaman video yang diunggah di Instagramnya pada Sabtu (8/2/2020).

Ia menyatakan bahwa ISIS sudah sangat jelas terbukti mengandung unsur radikal yang selama ini tidak sejalan dengan pemerintah.

"Hari ini ISIS yang jelas radikal melawan negara, menganggap pemerintah tauhid, passpor dibakar akan dipulangkan ke Indonesia," kata Gus Miftah.

Ia juga membandingkan dengan pemulangan WNI dari Wuhan yang harus menjalani berbagai tahap sebelum berbaur di tengah masyarakat. Selain itu, Gus Miftah lebih heran lagi karena mantan anggota ISIS tersebut rencananya juga akan diberikan pekerjaan ketika kembali ke Indonesia. Menurut dia, itu tak masuk akal karena masih banyak masyarakat yang menganggur.

"Pak menteri WNI yang dari Wuhan yang belum tentu kena virus corona itu pulang ke Indonesia dimasukkan safe house dikarantina karena kita khawatir. Ini ISIS yang jelas melawan negara mau dipulangkan bahkan mau dikasih pekerjaan. Pak menteri di Indonesia itu yang nganggur masih banyak, butuh pekerjaan kok malah ISIS yang diurusin, dasar ISIS, Ikut Sana Ikut Sini, tuman," kata Gus Miftah.

Jika hal tersebut terlaksana, sahabat Deddy Corbuzier ini berpendapat bahwa akan banyak yang ingin menjadi anggota ISIS untuk mendapatkan pekerjaan.

"Enak amat ya, mau dipulangkan dan dikasih pekerjaan. Kok saya khawatir ya, jangan-jangan nanti ada berpikir: ISIS dulu ah biar nanti dikasih pekerjaan. Dasar Tuman! Dukung pak @jokowi dan pak @mohmahfudmd menolak pemulangan ISIS," tulis Gus Miftah pada keterangan video tersebut.

Gus Miftah menyindir rencana ini dengan mengaku sebagai anggota ISIS.

"Eh saya juga ISIS loh, apa itu? ISIS : Ikatan Suami Isteri Satu, sama seperti dulurku @yusufmansurnew dan kang masku @ahmadhelmyfaishalzaini," tulis Gus Miftah.

Pemerintah Indonesia berencana memulangkan 600 WNI eks ISIS. Menteri Agama Fachrul Razi bahkan menyebut ratusan WNI yang pernah tergabung dalam ISIS itu sebagian besar telah membakar paspor Indonesia agar merasa dekat dengan Tuhan.
Rencana pemulangan itu masih dalam tahap pembahasan pemerintah. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper